Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Pendukung Osama Demo di London

Kompas.com - 07/05/2011, 04:20 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Ratusan pendukung Osama bin Laden berunjuk rasa di depan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat di London, Inggris, Jumat (6/5/2011). Mereka mengecam cara pemakaman tokoh yang belum terbukti meneror di muka hukum itu.

Mereka juga mendesak Amerika Serikat untuk mengembalikan tubuh Osama bin Laden kepada kerabatnya.

Polisi pun dibuat sibuk karena harus mencegah bentrok antara kaum imigran Muslim itu dengan massa Liga Pertahanan Inggris yang berafiliasi dengan Liga Pertahanan Internasional, penentang utama pembangunan masjid di dekat lokasi pengeboman World Trade Center di Amerika Serikat.

Para pendukung Osama itu membawa aneka poster bertulisan, antara lain, "Islam akan mendominasi dunia", sekaligus mengutuk para pemimpin AS sebagai pembunuh. Mereka juga mengingatkan akan adanya serangan balasan.

Demonstrasi ini terjadi sekitar 4,8 km dari pengadilan yang memvonis para tersangka teror di jaringan kereta api bawah tanah di London pada tahun 2005 yang menewaskan 52 orang.

Adapun unjuk rasa ini digalang oleh tokoh kontroversial Anjem Choudary yang memuji serangan di London itu ataupun serangan 11 September di Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com