Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 288 Miliar bagi Pembangunan RS Panda

Kompas.com - 06/05/2011, 17:25 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — China kini memulai pembangunan semacam rumah sakit atau pusat perawatan unik karena akan digunakan oleh 40 panda raksasa. Pusat perawatan tersebut memiliki akomodasi yang nyaman dan program perawatan eksklusif. Demikian kabar media China, Kamis (5/5/2011).

Fasilitas yang diharapkan akan selesai pada 2012 itu akan mencakup area seluas sekitar 51 hektar di barat daya provinsi Sichuan, China. Pembangunan akan menelan biaya 210 juta yuan (32 juta dollar AS atau setara Rp 288 miliar untuk kurs Rp 9.000 per dollar AS).

Pemerintah Hongkong akan menyediakan 130 juta yuan untuk proyek tersebut, sedangkan sisa dana berasal dari para investor swasta.

"Misinya adalah menyelamatkan panda raksasa yang hidup liar serta melakukan penelitian tentang pencegahan penyakit dan kontrol terhadap spesies yang terancam punah itu," kata Zhang Hemin, Kepala Konservasi China dan Pusat Penelitian Panda Raksasa.

"Fasilitas ini tidak hanya akan berguna untuk mengembangbiakkan panda secara terpisah dan perawatan dari penyakit, tetapi juga mencegah infeksi silang dari panda dan manusia. Ini karena kita kadang-kadang harus membawa mereka ke rumah sakit untuk pengobatan manusia," tambah Zhang.

Panda raksasa adalah satu di antara sekian spesies dunia yang paling terancam punah. Selama 20 tahun terakhir, pakar hewan China telah mengangkat 315 hewan lucu itu dari penangkaran panda.

Statistik Administrasi Kehutanan Negara menunjukkan bahwa sekitar 1.600 panda hidup di alam bebas. Adapun 300 panda tinggal di kebun binatang di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com