Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Berencana Serang Kereta Api AS

Kompas.com - 06/05/2011, 12:04 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Sejumlah informasi yang diperoleh dari kompleks Osama bin Laden di Pakistan menunjukkan, jaringan Al Qaeda pimpinannya berencana menyerang jaringan kereta api Amerika Serikat pada peringatan 10 tahun serangan 11 September, kata para pejabat AS, Kamis (5/5/2011).

Berdasarkan informasi itu, pada Februari 2010, Al Qaeda telah mendiskusikan sebuah rencana untuk menggulingkan kereta api di AS, di lokasi yang tidak ditentukan, pada peringatan 10 tahun serangan 11 September 2001. Dari informasi tersebut, sebagaimana disampaikan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS kepada badan-badan penegak hukum dalam sebuah buletin yang diperoleh AFP, Al Qaeda berencana mengguling kereta api dengan cara menempatkan sejumlah penghalang di rel di atas jembatan atau lembah.

Rencana tersebut terungkap dari data yang disita dalam sebuah serangan berani di kompleks tempat tinggal Osama, Senin dini hari lalu. Saat itu pasukan komando AS, Navy SEALs, menembak mati Osama dan menyita sejumlah komputer dan bahan lainnya.

Departemen Federal AS membenarkan bahwa informasi tentang rencana serangan itu telah disebarkan kepada badan-badan federal dan otoritas negara bagian. Namun, juru bicara departemen itu, Matt Chandler, menegaskan bahwa informasi tersebut berdasarkan "laporan awal" dan memperingatkan bahwa informasi semacam itu "sering menyesatkan atau tidak akurat karena situasi yang berkembang cepat dan dapat berubah".

"Meskipun jelas ada sejumlah perencanaan, kami tidak memiliki informasi tentang ancaman teroris terdekat terhadap sektor kereta api AS. Namun, (kami) ingin membuat mitra kami menyadari tentang dugaan perencanaan itu. Tidak jelas apakah ada perencanaan lebih lanjut yang telah dilakukan sejak bulan Februari tahun lalu itu," kata Chandler.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari kompleks yang sama, Al Qaeda tampaknya sangat tertarik untuk menyerang Washington, New York, Los Angeles, dan Chicago. Pihak berwenang AS juga menemukan bahwa Al Qaeda tertarik untuk melakukan serangan pada tanggal-tanggal penting, seperti tanggal 4 Juli (hari kemerdekaan AS) dan 25 Desember (hari Natal).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com