Senator Tertipu Foto Palsu Mayat Osama

Kompas.com - 05/05/2011, 13:20 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com — Tiga senator Amerika Serikat, Rabu (4/5/2011), mencabut pernyataan bahwa mereka telah melihat foto mayat Osama bin Laden. Mereka rupanya telah menjadi korban penyebaran foto palsu tentang pemimpin jaringan teroris Al Qaeda yang terbunuh itu.

Senator Saxby Chambliss, petinggi Partai Republik di Komite Intelijen Senat, telah mengatakan kepada para wartawan bahwa ia melihat sejumlah foto serbuan di Pakistan di mana gembong teroris Osama bin Laden tewas di tangan komando pasukan khusus AS. "Foto-foto itu memperlihatkan apa yang Anda harapkan dari seseorang yang telah tertembak di kepala," katanya, beberapa jam sebelum menyadari bahwa foto-foto yang tidak otentik itu telah beredar di kalangan anggota Parlemen AS.

Ditanya apakah Chambliss, yang juga anggota Komite Angkatan Bersenjata Senat, telah melihat foto yang resmi? Seorang juru bicara Senat, Bronwyn Lance-Chester, kepada AFP pada Rabu malam, mengatakan, "Ia (Chambliss) sudah sangat jelas tentang hal (foto palsu) itu. Ia tidak melihat foto resmi."

Dua anggota Komite Angkatan Bersenjata, Senator Kelly Ayotte dan Scott Brown, keduanya dari Partai Republik, juga mencabut kembali pernyataan bahwa mereka telah melihat foto-foto mengerikan dari mayat Osama. Ayotte telah mengatakan bahwa "seorang senator" telah memperlihatkan kepadanya foto dan menunjukkan bahwa itu adalah kepala Osama dan tubuh bagian atas teroris yang paling dicari itu. Pada Rabu tengah malam, Ayotte mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, "Ketika saya diperlihatkan sebuah foto oleh seorang senator yang tampaknya merupakan jasad Osama bin Laden, saya tidak tahu apakah itu otentik."

Sementara Brown telah mengatakan kepada beberapa media dari Negara Bagian Massachusetts, daerah asal Brown, bahwa ia telah melihat gambar mayat Osama. "Biarkan saya meyakinkan Anda bahwa ia sudah tewas, bahwa Osama sudah tewas," kata Brown kepada televisi New England Cable News (NECN). "Saya telah melihat fotonya dan, pada kenyataannya, kami telah menerima briefing dan kami akan terus mendapatkan briefing." NECN kemudian memuat pembaruan berita yang meralat klaim Brown sebelumnya. Kepada NECN, kantor Brown menyampaikan bahwa foto Osama yang disebut Brown sebelumnya bukan merupakan foto otentik. Dari ketiga senator itu, hanya Brown yang mengatakan foto-foto mayat Osama itu tidak boleh dipublikasikan.

Ketua Komite Intelijen Senat Dianne Feinstein, dari Partai Demokrat, pada Rabu pagi mengatakan, ia tidak melihat ada foto apa pun dari Pemerintah AS terkait mayat Osama dan ia tidak terburu-buru untuk melihatnya. "Itu Osama bin Laden," katanya, merujuk pada hasil tes DNA terhadap mayat yang telah dilakukan beberapa saat setelah penyerbuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.