Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Kristen Harus Mendoakan Osama

Kompas.com - 04/05/2011, 15:29 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Orang Kristen harus berdoa bagi jiwa Osama bin Laden meskipun ia merupakan musuh mereka karena pengampunan merupakan kunci ajaran  Kitab Suci Kristen. Kardinal Perancis Albert Vanhoye (87) mengatakan hal itu kepada harian Italia, Il Messaggero, dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Rabu (4/5/2011).

"Saya telah berdoa untuk jiwa Osama bin Laden. Kami harus berdoa untuk dia sama seperti kami berdoa bagi para korban 11 September. Itu yang Yesus ajarkan kepada orang Kristen," kata Kardinal Vanhoye.

"Yesus telah mewajibkan kami untuk mengampuni musuh kami. Doa Bapa Kami yang kami ucapan setiap hari mengatakan itu. Bukankah dalam doa itu dikatakan, 'Ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami'," kata Vanhoye.

"(Memang) tidak mungkin untuk menerima doa ini sambil berpegang pada dendam dan kebencian terhadap musuh kita," katanya. Vanhoye, seorang imam Yesuit, diangkat jadi kardinal tahun 2006 oleh Paus Benediktus XVI. Ia terkenal karena karya ilmiahnya dalam Kitab Suci Kristen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com