Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bush Tolak Undangan ke Ground Zero

Kompas.com - 04/05/2011, 12:34 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Mantan Presiden Amerika Serikat George W Bush, yang masa jabatannya diwarnai oleh serangan 11 September, menolak undangan untuk bergabung dengan penggantinya, Barack Obama, di New York, kata sejumlah pejabat, Selasa (3/5/2011).

Obama dijadwalkan mengunjungi Ground Zero, lokasi yang pernah jadi tempat World Trade Center di New York, Kamis, beberapa hari setelah pasukan khusus AS pada akhir pekan lalu menyerbu tempat tinggal Osama bin Laden di Pakistan sehingga menewaskan pemimpin Al Qaeda dan "perencana" serangan tersebut.

Namun, pemimpin Al Qaeda itu tidak bersenjata ketika pasukan khusus AS menyerang tempat tinggalnya di Abbottabad, Pakistan. "Meskipun ia melawan sebelum ditembak," kata Juru Bicara Gedung Putih Jim Garner, Selasa. Garner menolak memberikan perincian lain mengenai tindakan Osama bin Laden saat serangan itu. "Perlawanan tidak (selalu) membutuhkan senjata api," katanya.

Meskipun Bush diundang untuk datang ke New York guna menghadiri acara itu, ia memutuskan tidak hadir, kata juru bicaranya. "Mantan Presiden Bush takkan hadir hari Kamis. Ia menghargai undangan tersebut, tapi telah memilih untuk, setelah masa jabatannya, menjauh dari tempat itu," kata Juru Bicara David Sherzer. "Ia terus merayakan bersama semua warga Amerika kemenangan penting ini dalam ’perang melawan teror’."

Seorang pejabat Gedung Putih mengonfirmasi bahwa Bush "diundang, tapi tak bisa datang, yang tentu saja kami pahami". Selama kunjungannya ke New York, Obama dijadwalkan bertemu dengan keluarga korban yang tewas pada 11 September 2001, ketika Al Qaeda menabrakkan pesawat yang dibajak ke menara kembar World Trade Center.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com