Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Sebenarnya Sarah Burton?

Kompas.com - 03/05/2011, 10:59 WIB

KOMPAS.com - Nama Sarah Burton dihubung-hubungkan dengan pernikahan Pangeran William dan Catherine Middleton setelah sebuah suratkabar Inggris mengumumkan bahwa dirinya adalah desainer gaun pengantin Catherine. Melalui juru bicaranya, Burton menyangkal pernyataan tersebut. Namun setelah ia kepergok menyelinap di The Goring Hotel, malam sebelum pernikahan Catherine, perlahan rahasia itu mulai terkuak.

Kini, semua orang tahu bahwa Burton lah perancang gaun pernikahan Catherine. Tetapi, siapa sebenarnya Sarah Burton?

Tak seperti gaun pengantin Catherine yang lebih konservatif dan chic, Burton sempat memamerkan koleksi gaun pengantinnya yang bergaya gothic di Paris Fashion Week lalu. Sebagai penerus rumah mode Alexander McQueen, Burton menyatakan akan melanjutkan ciri khas McQueen yang senang menampilkan sesuatu yang kontras dalam rancangannya. Masih ada beberapa hal lain yang menarik dari diri desainer berusia 36 tahun ini, misalnya:

Ia menyukai tantangan
Sulit membayangkan siapa yang dapat meneruskan karya McQueen, setelah kematiannya pada Februari 2010. Maklum saja, mendiang McQueen dikenal dengan gayanya yang liar dan aneh. Ia suka membuat rancangan yang ruwet, dan peragaan busana yang spektakuler. Burton mengaku khawatir sekali dengan hal ini. Toh, peragaan pertamanya pada Oktober 2010 mendapat pujian dari para kritikus fashion.

Setia
Burton, yang karyanya mulai dikenal Catherine pada tahun 2005, telah bekerja untuk Alexander McQueen sejak menjadi tenaga magang pada tahun 1996. Saat kembali ke rumah mode tersebut usai lulus dari Central Saint Martins College of Art and Design, London, pada tahun 2000, Burton bekerja sebagai tangan kanan McQueen. Pada Minggu (2/5/2011) lalu, Burton juga merayakan pembukaan pameran "Alexander McQueen: Savage Beauty" di Metropolitan Museum Costume Institute Gala. Di sana, Burton menolak membicarakan gaun pengantin Catherine, karena acara tersebut diadakan untuk penghormatan terhadap McQueen.

Masa depannya cerah
Gaun pengantin The Duchess of Cambridge jelas melambungkan nama Sarah Burton. Padahal sebelumnya, ia pun disebut-sebut sebagai calon kuat kepala desainer di rumah mode Christian Dior. Ia menjadi salah satu favorit pengganti John Galliano sebagai direktur kreatif rumah mode tersebut. Namun tampaknya Burton tetap akan bekerja untuk McQueen.

Dikagumi para fashion editor
Maret lalu, Burton menggelar peragaan busana untuk koleksi Fall/Winter di Paris. Saat itu, para editor fashion, seperti Joe Zee dan Anne Slowey dari majalah ELLE, hingga Nina Garcia dari majalah Marie Claire, sempat mengungkapkan bahwa Catherine sebaiknya mengenakan rancangan McQueen. Mereka bahkan mengumumkan dukungannya pada Burton melalui Twitter. Siapa sangka tweet-nya begitu ampuh, ya?

Salah satu kliennya Lady Gaga
Burton telah lama menjadi favorit kalangan selebriti, termasuk Sarah Jessica Parker dan Lady Gaga. Penyanyi nyentrik ini bahkan mengatakan McQueen bekerja melalui dirinya secara anumerta. Gaun Mila Kunis yang dikenakannya saat ajang Screen Actors Guild lalu juga merupakan salah satu rancangan Burton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com