AS Pertimbangkan Rilis Foto Osama Tewas

Kompas.com - 03/05/2011, 09:57 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com — Gedung Putih mempertimbangkan untuk menyiarkan foto jenazah Osama bin Laden di tengah seruan sebagian anggota parlemen untuk melakukan hal itu guna membuktikan bahwa pemimpin Al Qaeda tersebut memang telah tewas.

"Kami akan melakukan apa saja yang dapat kami kerjakan guna memastikan tak seorang pun memiliki alasan untuk berusaha membantah bahwa kami mendapatkan Osama bin Laden," kata penasihat senior Presiden Barack Obama urusan antiteror, John Brennan, kepada wartawan, Senin (2/5/2011). "Oleh karena itu, penyiaran keterangan, apakah meliputi gambar, merupakan sesuatu yang harus diputuskan," kata Brennan, yang memburu Osama selama 15 tahun.

Komentarnya itu muncul saat anggota penting Senat memperingatkan Washington mungkin harus menyiarkan gambar Osama, yang tewas dalam serangan pasukan khusus AS pada akhir pekan lalu di kompleks tempat tinggalnya yang dipagari tembok tinggi di kota Abbottabad, Pakistan. "Mungkin perlu untuk menyiarkan gambar, betapapun buruknya itu sebab ia telah ditembak di kepala, guna meredam keraguan bahwa ini cuma taktik yang telah dilancarkan Pemerintah AS," kata anggota Ketua Komite Keamanan Dalam Negeri di Senat, Joseph Lieberman.

Lieberman, tokoh independen yang biasanya bersekutu dengan Gedung Putih, mengatakan, ia "sepenuhnya yakin bahwa orang yang tewas Minggu malam waktu Pakistan itu adalah Osama bin Laden". Ia akan menghormati keputusan Gedung Putih mengenai gambar tersebut.

Senator Susan Collins, anggota Partai Republik di komite Lieberman, juga menyatakan ia "sama sekali tak meragukan" Osama telah tewas di kompleks tempat tinggal yang dikelilingi tembok tinggi. "Tetapi, saya mengakui ada orang yang akan berusaha menghidupkan mitos bahwa ia masih hidup, dan kita telah gagal mendapatkan dia. Untuk mengakhiri itu, mungkin perlu menyiarkan beberapa gambar, atau video, atau hasil pemeriksaan DNA," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.