Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon Rilis Denah Tinggal Osama

Kompas.com - 03/05/2011, 02:48 WIB

KOMPAS.com - Departemen Pertahanan AS (DoD) di Pentagon merilis denah titik berlangsungnya operasi khusus militer AS yaitu di tempat pemimpin Al-Qaeda Osama Bin Laden tewas ditembak di pinggiran kota Abbottabad, 50 km (30 mil) barat laut ibu kota Pakistan, Islamabad, Senin (2/5/2011).

Di denah menunjukkan, tempat tinggal Osama dikelilingi tembok setinggi 11 hingga 18 feet atau tiga hingga lima meter. Untuk masuk ke bangunan utama di areal yang cukup luas tersebut cuma ada dua pintu dan itu pun harus melalui lorong antara dua pagar setinggi empat meter.

Di tingkat atas bangunan utama yaitu di sisi utara terdapat ruang yang dimungkinkan untuk memantau yang bagian belakangnya dikelilingi oleh dinding setinggi tujuh feet atau dua meter.

Tahun 2004, berdasarkan foto satelit yang dikeluarkan Pentagon menunjukkan bahwa kawasan tempat tinggal Osama, kala itu belum didirikan bangunan seperti terlihat pada denah. Baru pada 2001 kawasan tersebut mulai dipadati bangunan terutama di bagian utara.

Seperti gambar yang telah didapat oleh ABC News. Osama tewas di di sebuah kamar tidur di dalam bangunan yang ada. Belum ada penjelasan lebih lanjut menganai letak persis kamar tersebut.

Tewasnya Bin Laden dalam operasi intelijen pasukan AS telah memicu perayaan di seluruh AS, tepatnya satu dekade setelah serangan yang meratakan World Trade Center di New York dan menghancurkan Pentagon, 11 September 2001.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com