Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Tewaskan 3 Bocah Dekat Osama Dibunuh

Kompas.com - 03/05/2011, 02:02 WIB

PESHAWAR, KOMPAS.com - Sebuah bom meledak di dekat masjid di Pakistan baratlaut, Senin (2/5/2011), menewaskan seorang wanita dan tiga bocah, hanya beberapa jam setelah AS menyatakan membunuh Osama bin Laden.

Pemboman itu terjadi di kota Charsadda, sekitar 53 kilometer sebelah barat Abbottabad, kota garnisun tempat pasukan AS membunuh Osama dalam tembak-menembak pada Senin pagi.

Masjid itu terletak di dekat kantor polisi, yang tampaknya menjadi sasaran, kata kepala kepolisian setempat Nisar Khan Marwat. Lima orang juga terluka, dua di antaranya polisi, katanya.

Bom itu merusak masjid tersebut dan dinding luar kantor polisi itu, tambahnya. Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu, namun Taliban dan militan yang terkait dengan Al-Qaeda biasanya dituduh melakukan serangan bom terhadap sasaran sipil dan pasukan keamanan pemerintah di Pakistan yang telah menewaskan 4.240 orang.

Sehari sebelumnya, Minggu, gerilyawan yang bersenjatakan senapan Kalashnikov dan roket membunuh empat polisi dan membakar enam kendaraan NATO di jalan utama yang menuju wilayah baratlaut dari ibu kota Pakistan, Islamabad, kata polisi.

Serangan itu terjadi di dekat sebuah restoran pinggiran jalan di Pindi Gheb dekat Attock, sekitar 60 kilometer dari Islamabad.

Tanker dan truk NATO seringkali menjadi sasaran serangan di Pakistan yang dituduhkan pada Taliban dan gerilyawan lain yang berusaha mengacaukan pemasokan bagi pasukan internasional pimpinan AS yang memerangi Taliban dan Al-Qaeda di Afghanistan.

Sebagian besar perbekalan dan peralatan bagi pasukan asing di Afghanistan dikirim melalui Pakistan, namun militer AS kini semakin sering menggunakan jalur altenatif melalui Asia tengah.

Pakistan mendapat tekanan internasional yang meningkat agar menumpas kelompok militan di wilayah baratlaut dan zona suku di tengah meningkatnya serangan-serangan lintas-batas gerilyawan terhadap pasukan internasional di Afghanistan.

Kawasan suku Pakistan, terutama Bajaur, dilanda kekerasan sejak ratusan Taliban dan gerilyawan Al-Qaeda melarikan diri ke wilayah itu setelah invasi pimpinan AS pada akhir 2001 menggulingkan pemerintah Taliban di Afghanistan.

Pasukan Pakistan meluncurkan ofensif udara dan darat ke kawasan suku Waziristan Selatan pada 17 Oktober 2009, dengan mengerahkan 30.000 prajurit yang dibantu jet tempur dan helikopter meriam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com