Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Evakuasi Anggota Staf Kedubesnya

Kompas.com - 02/05/2011, 19:34 WIB

KOMPAS.com — Dengan alasan keamanan, Turki mengevakuasi anggota staf kedutaan besarnya di Tripoli, Libya. Warta AP dan AFP pada Senin (2/5/2011) menunjukkan, pilihan Turki itu memang terkait dengan sejumlah perusakan terhadap kantor-kantor kedubes, khususnya negara-negara Barat, oleh kerumunan massa menyusul serangan udara Pakta Pertahanan Atlantik Utara ke Tripoli pada Sabtu (30/4/2011). Insiden itu menewaskan anak laki-laki pemimpin Libya, Moammar Khadafy. Ikut tewas juga tiga cucu Khadafy.

Turki yang juga menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sampai kini memang tetap membuka kedubesnya di Tripoli, bahkan ketika perlawanan terhadap Khadafy memuncak sejak Februari lalu. Hal sama yang juga dilakukan Amerika Serikat, Inggris, dan Italia.

"Evakuasi yang kami lakukan sifatnya sementara karena alasan keamanan," kata Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu sembari menambahkan bahwa Dubes Turki untuk Libya sudah berada di Tunisia.

Sementara itu, sebanyak 12 anggota staf internasional yang bekerja untuk PBB di Tripoli juga sudah meninggalkan kota itu setelah kerumunan orang masuk ke kawasan kantor PBB. Sejauh ini Turki sudah mengevakuasi 20.000 warganya yang bekerja di Libya demi menghindari hal-hal buruk yang terjadi saat pertikaian memanas di Libya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com