Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Berlatih di "Base Camp" Denali

Kompas.com - 02/05/2011, 19:27 WIB

KAHILTNA, KOMPAS.com — Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia (Seven Summit) masih berlatih di Kahiltna, base camp Denali, Alaska, Amerika Serikat, di ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut, Minggu (1/5/2011) waktu setempat. Tim telah berlatih selama tiga hari di kamp utama sebelum direncanakan mendaki pada Senin (2/5/2011) waktu setempat, atau Selasa (3/5/2011) dini hari WIB.

Tim juga bergerak ke kamp 1 pada Jumat (28/4/2011) untuk memindahkan sebagian logistik dan peralatan. Perjalanan ke kamp 1 yang memakan waktu delapan jam itu dilakukan melalui medan bersalju cukup panjang dengan membawa beban menggunakan ransel dan sled (kereta luncur) sekitar 30 kilogram.

Setelah menginap semalam di kamp tersebut, tim menimbun sebagian logistik dan bahan bakar di dalam salju yang telah digali sedalam 2 meter dan kemudian kembali ke Kahiltna.

Saat ini ada dua grup pendaki lainnya yang berasal dari AS. Tim tersebut juga berencana mendaki Denali dan sedang menginap di kamp 1.

Adapun saat berada di base camp Denali, tim Indonesia berlatih berjalan dengan cara bergerak bersama (moving together), teknik penyelamatan di crevasse (jurang salju), serta teknik membangun tenda di medan bersalju.

Selama tiga hari terakhir suhu berkisar antara minus 10 derajat celsius dan minus 20 derajat celsius. Tim yang beranggotakan Ardeshir Yaftebbi, Fajri al-Luthfi, Iwan Irawan, Martin Rimbawan, dan Nurhuda ini mendaki Denali dengan menggunakan jasa pemandu dari American Alpine Institute (AAI).

Denali atau dikenal juga dengan Gunung McKinley berada di ketinggian 6.194 meter di atas permukaan laut/mdpl. Puncak gunung tersebut merupakan puncak kelima yang akan didaki tim dari rangkaian tujuh puncak tertinggi di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com