Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen-momen Bersejarah Bin Laden

Kompas.com - 02/05/2011, 15:27 WIB

KOMPAS.com — Osama bin Laden, sang pemimpin tanzim Al Qaeda, tewas dalam serangan pasukan Amerika Serikat ke sebuah kompleks di Abbottabad, di luar ibu kota Pakistan, Islamabad, Minggu (1/5/2011).   

Tokoh yang dianggap sebagai teroris paling berbahaya sehingga menjadi orang paling dicari oleh Pemerintah AS itu ditengarai terlibat dalam beberapa peristiwa teror di berbagai belahan dunia. Inilah momen-momen yang dianggap penting dalam kehidupan Osama bin Laden, yang menyebabkan dia dianggap sebagai teroris.

* 1957 – Osama bin Muhammad bin Awad bin Laden lahir di Riyadh, Arab Saudi. Ia adalah anak ke-17 dari 52 anak Muhammad Awad bin Laden, seorang imigran Yaman yang berhasil mendirikan perusahaan konstruksi bernilai jutaan dollar AS di Arab Saudi. Ibunya, salah satu dari 22 istri Awad bin Laden, bernama Hamida al-Attas, dari Suriah.

* 1979 – Bin Laden lulus dari Universitas King Abdul Aziz di Jeddah sebagai sarjana teknik. Ia kemudian pergi ke Afganistan untuk berjihad melawan tentara Uni Soviet. Ia berada di sana selama beberapa tahun dan memanfaatkan peralatan bisnis keluarganya untuk membantu gerilyawan Mujahidin membangun tempat perlindungan, terowongan, dan jalanan di pegunungan Afganistan, di samping ikut bagian dalam pertempuran.

* 1988 – Bin Laden mendirikan kelompok yang dinamainya Al Qaeda, yang dalam bahasa Arab berarti "dasar-dasar" atau kaidah-kaidah.

* 1989 – Tentara Soviet ditarik dari Afganistan. Bin Laden kembali ke Arab Saudi untuk bekerja dalam perusahaan keluarganya, Bin Laden Group.  

* 7 Agustus 1990 – Menyusul invasi Irak ke Kuwait, tentara AS tiba di Arab Saudi guna melawan angkatan bersenjata Saddam Hussein. Bin Laden tidak menyukai kehadiran tentara AS di sana.

* 1991 – Bin Laden diusir dari Arab Saudi oleh penguasa. Ia diberitakan pindah ke Sudan dan, menurut sejumlah pemberitaan, di negara itulah Al Qaeda berevolusi menjadi jaringan teroris.

* Desember 1992 – Tentara AS mendarat di Somalia, membawa misi kemanusiaan PBB untuk mengawal bantuan pangan. Pasukan itu juga bertugas melucuti senjata para pemimpin suku yang selama ini mengendalikan Somalia. Pemerintah AS percaya, saat itu Bin Laden ikut andil dengan mengirimkan orang-orangnya ke Somalia untuk melatih para pemimpin suku agar berperang melawan AS.

* 26 Februari 1993 – Sebuah bom meledak di gedung World Trade Center di New York City, menyebabkan enam orang tewas dan ratusan orang luka. Enam orang radikal yang diduga terkait dengan Bin Laden mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com