Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Asia Tengah Menyukai Pantai

Kompas.com - 01/05/2011, 19:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Negara-negara di Asia Tengah seperti Azerbaijan, Kazakhstan, Turkmenistan, dan Uzbekistan, merupakan negara-negara tanpa laut atau jauh dari pantai. Karena itu, produk wisata Indonesia yang cocok untuk pasar ini adalah wisata bahari.

"Mereka ini dekat Laut Kaspia, tapi Laut Kaspia itu kan danau. Mereka jauh dari pantai. Jadi lihat pantai kayak lihat emas," tutur Deputy Director Directorate of South and Central Asian Affairs Kemlu, Intiar Dekrit Bakhtiar kepada Kompas.com, di Ancol Taman Impian, Jakarta, Sabtu (30/4/2011).

Saat ditemui Kompas.com, Intiar mendampingi beberapa rombongan biro perjalanan wisata dan penulis wisata dari 7 negara di Asia Tengah dan Asia Selatan. Ia menuturkan fam trip tersebut merupakan program tahunan dari Direktorat Asia Tengah dan Selatan Kementerian Luar Negeri.

Program fam trip tahun ini menitikberatkan pada wisata bahari. Sehingga destinasi wisata yang dituju adalah Makassar, Sulawesi Selatan dan Jakarta.

"Waktu mereka lihat pantai, mereka amaze sekali. Makanya kita ke Makassar dan Jakarta. Diharapkan mereka bisa bikin paket itu," tuturnya. Di Makassar, mereka mengunjungi antara lain Air Terjun Bantimurung, Toraja, Palopo, dan destinasi lainnya yang ada di Sulawesi Selatan.

"Saat di Makassar, mereka kita ajak ke Pulau Samalona. Pas mereka lihat pasir putih, mereka sampai gak mau pulang," kata Initiar sambil tertawa.

Sementara itu di Jakarta mereka mengunjungi kawasan Kota Tua dan Ancol Taman Impian. Di Ancol mereka sempat berbelanja di Pasar Seni.

"Tapi tidak banyak, karena tipikal mereka yang datang tujuannya untuk observasi bukan sebagai turis," kata Initiar. Dalam setiap kunjungan baik di Makassar dan Jakarta, diakhiri dengan seminar dan pertemuan dengan biro perjalanan wisata dari Indonesia.

"Seperti saat di Makassar, kami hadirkan kepala dinas pariwisata dari Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan," kata Initiar.

Peserta fam trip berasal dari negara  Pakistan, India, Iran, Sri Lanka, Azerbaijan, Kazakhstan, dan Uzbekistan. Mereka berada di Indonesia selama 8 hari. Pada program tahun ini, mereka mengunjungi Makassar, Sulawesi Selatan dan Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com