Bagaimana Sarah Burton Membuat Gaun Pengantin Kate?

Kompas.com - 01/05/2011, 12:24 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Misteri gaun Kate Middleton akhirnya terbuka. Dia mengenakan gaun warna gading memesona karya Sarah Burton, perancang dari rumah mode Alexander McQueen. Wajah Kate tertutup selubung tipis sulaman tangan dengan tiara yang dipinjamkan oleh Ratu Elizabeth II.

Spekulasi berbulan-bulan mengenai siapa perancang dan bagaimana rancangan gaun itu berakhir ketika Kate keluar dari mobil yang membawanya ke Westminster Abbey, tempat pemberkatan, Jumat (29/4/2011) lalu.

Tersenyum lebar dan melambaikan tangan kepada massa, dengan gaunnya Kate menggenggam sebuah buket bunga, yang antara lain bunga Sweet William. Pengantin laki-lakinya memperlihatkan apresiasi dan mengucapkan, ”Kau tampak cantik.”

William mengenakan seragam militer warna merah.

Sarah Burton, direktur kreatif berusia 36 tahun, sudah diduga merupakan perancang yang dipilih. Kate telah bekerja sama dengan Burton untuk merumuskan rancangan, gabungan tradisi, dan modernitas.

”Ini adalah gaun pengantin dengan detail yang sangat halus, jauh lebih halus dibandingkan dengan gaun Putri Diana pada perkawinannya dengan ayah William, Pangeran Charles, tahun 1981,” kata perancang terkenal asal Jerman, Karl Lagerfeld.

Kepada stasiun televisi Perancis, dia mengatakan, gaun itu ”sangat cantik, relatif klasik, tetapi sesuai dekor. Dengan sedikit sentuhan era 1950-an, mengingatkan kita pada Marilyn Monroe atau gaun pengantin Ratu Elizabeth II”.

Lagerfeld menambahkan, ”Gaun ini elegan dan sesuai selera.” Gaun tersebut mempunyai lengan panjang yang terbuat dari renda dengan korset satin warna gading.

Bagian roknya terbuat dari satin, menyerupai bunga yang sedang mekar, dengan lengkungan dan lipatan. Rok ini juga berbahan sutra warna putih dengan ekor berukuran 2,7 meter, relatif pendek berdasarkan standar kerajaan. Ekor gaun Diana memiliki panjang 7,6 meter.

Bagian ekor dan korset Kate dihiasi dengan renda bunga. Desain di bagian ini memasukkan motif mawar, widuri, dan dua jenis bunga lainnya, empat bunga yang menjadi lambang Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.