Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robert Mugabe Sudah di Vatikan

Kompas.com - 30/04/2011, 19:29 WIB

KOMPAS.com — Presiden Zimbabwe Robert Mugabe bak sosok paling ajaib di muka bumi ini. Bayangkan, mendapat pencekalan dari Uni Eropa (UE) sejak 2000 lantaran tindak tanduknya yang mengabaikan hak asasi manusia (HAM) dan semangat demokrasi, Mugabe justru sudah ongkang-ongkang kaki di Vatikan. Menurut warta AP dan AFP pada Sabtu (30/4/2011), pemeluk Katolik Roma itu bakal menghadiri misa beatifikasi (proses awal bagi penganugerahan gelar santo atau orang kudus dalam tradisi Gereja Katolik Roma—Red) bagi mendiang Paus Yohanes Paulus II. Menurut rencana, misa itu digelar pada Minggu (1/5/2011) pukul 08.00 GMT.

Usut punya usut, ternyata Vatikan tidak masuk dalam keanggotaan UE. Jadi, sah saja kalau negara berdaulat yang menjadi pusat Gereja Katolik Roma itu menerima kedatangan pria uzur kelahiran 21 Februari 1924 ini. Vatikan adalah enklaf alias bagian dari Kota Roma, ibu kota Italia.

Nah, Mugabe bukan kali pertama ini datang ke Vatikan. Pemegang tampuk kekuasaan tertinggi di Zimbabwe sejak 31 Desember 1987 ini pernah melancong ke Vatikan untuk menghadiri pemakaman Paus Yohanes Paulus II pada 2005. Tak cuma itu, dua kali Mugabe datang ke Roma, yakni pada 2008 dan 2009, saat menghadiri konferensi badan pangan dunia (FAO).  Untuk saat ini, menariknya, Kementerian Luar Negeri Italia telah meminta dispensasi atas cekal terhadap Mugabe. Ini terkait dengan pendaratan pesawat yang ditumpangi Mugabe di Bandara Leonardo da Vinci, Roma. Permintaan itu diluluskan UE.

Juru bicara Vatikan mengatakan, Mugabe tidak diundang dalam kapasitas pribadi. Tapi, sebagai kepala negara yang memiliki hubungan dengan Vatikan. "Jadi dia berhak hadir," demikian suara dari pihak Vatikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com