Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiara, Bentley, hingga Kereta Kencana

Kompas.com - 30/04/2011, 05:13 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Banyak perhiasan yang diperlukan oleh seorang pengantin perempuan. Kate Middleton tidak harus membeli semua perhiasan karena sebagian merupakan hadiah dan pinjaman. Tiara yang dikenakan Kate dibuat pada tahun 1936 dan merupakan pinjaman dari Ratu Elizabeth II.

Tiara itu dibeli oleh Duke of York atau Raja George VI untuk istrinya, tiga pekan sebelum dia menggantikan saudaranya sebagai raja. Ratu Elizabeth menerima tiara itu dari ibunya pada ulang tahunnya ke-18. Tiara yang berkilauan itu tampak di balik kerudung Kate.

Anting Kate bukan pinjaman, melainkan dibuatkan Robinson Pelham dan merupakan lambang inspirasi keluarga Middleton. Anting itu berbentuk buah pir dengan berlian di tengahnya. Orangtua Middleton, Carole dan Michael, memberikan anting itu sebagai hadiah kepada putri mereka.

Cincin perkawinan yang diberikan Pangeran William kepada Kate terbuat dari emas Welsh. Pegawai kerajaan mengatakan, cincin tersebut dibuat Wartski, perusahaan yang didirikan di Wales pada tahun 1865.

Emas Welsh sudah digunakan sebagai bahan cincin anggota kerajaan sejak 1923. Ratu Elizabeth dan Putri Diana juga mengenakan cincin dari bahan emas yang sama dari tambang Clogau.

Legiun Kerajaan Inggris memberi sejumlah kecil emas Welsh kepada Ratu Elizabeth pada tahun 1980-an sebagai bahan baku cincin kawin. Emas itu diberikan Ratu Elizabeth II setelah pertunangan William dengan Kate, November lalu.

Tak kalah menarik adalah kendaraan yang digunakan pasangan pengantin itu. Dari Goring Hotel, Kate ditemani ayahnya naik Rolls-Royce Phantom VI berwarna marun menuju Westminster Abbey.

Rolls-Royce itu dipersembahkan oleh Masyarakat Produsen dan Pedagang Motor kepada Ratu tahun 1978 ketika merayakan pesta perak penobatannya.

William datang terpisah ke gereja dengan mobil Bentley, ditemani adiknya, Pangeran Harry. Bentley ini dirancang dengan tempat yang cukup lebar. Bentley ini memiliki panjang 6,22 meter, lebih panjang 1,3 meter dibandingkan dengan ukuran biasa.

Kedua mobil itu, Rolls-Royce dan Bentley, tidak memiliki nomor seri karena merupakan mobil milik negara. Pada prosesi kenegaraan, mobil-mobil ini hanya berjalan 14,4 kilometer per jam, bahkan hingga 5 kilometer per jam. Kerajaan Inggris memiliki dua Bentley, tiga Rolls-Royce, dan tiga Daimler.

Kereta kencana

Seusai pemberkatan di Westminster Abbey, William dan Kate menaiki kereta kuda terbuka buatan tahun 1902 menuju tempat resepsi di Istana Buckingham. Kereta ini khusus dibuat untuk penobatan Raja Edward VII tahun 1902. Kereta ini juga sering digunakan Ratu untuk bertemu dengan tamu negara.

Ada lima kereta kuda dalam iring-iringan menuju istana. Kereta pertama dikendarai William dan Kate. Kereta kedua dan ketiga membawa pendamping pengantin, yaitu Pangeran Harry bersama anak-anak kecil pengiring pengantin dan adik Kate, Pippa Middleton. Kereta selanjutnya membawa Ratu dan Pangeran Philip. Pangeran Charles, Camilla, dan pasangan Middleton naik kereta kelima. (AP/Vancuversun/BBC/joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com