Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

William-Kate dan Misi Terakhir

Kompas.com - 30/04/2011, 04:10 WIB

Hanya berselang sekitar 10 jam, perhatian dunia, yang semula tersedot ke Inggris menyaksikan perkawinan ningrat antara Pangeran William dan Kate Middleton, sebagian segera bergeser ke Amerika Serikat, tepatnya di daerah Cape Canaveral, Florida.

Sabtu (29/4) sekitar pukul 02.47 WIB, pesawat ulang-alik Endeavour akan menunaikan tugas terakhirnya. Endeavour akan mengemban tugas selama 14 hari dan diperkirakan kembali ke Bumi sekitar tanggal 13 Mei 2011. Mereka akan menuju Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Mereka yang mengemban misi Endeavour STS-134 adalah Mark Kelly (komandan), Gregory H Johnson (pilot), Michael Fincke (spesialis misi), Greg Chamitoff, Andrew Feustel, dan seorang astronot dari Badan Ruang Angkasa Eropa (ESA), Roberto Vittori.

Keenam awak itu akan mengantarkan Alpha Magnetic Spectrometer (AMS) dan sejumlah suku cadang, termasuk dua antena komunikasi S-band, tangki gas bertekanan tinggi, dan suku cadang untuk Dextre.

Peralatan AMS merupakan sebuah alat detektor partikel fisika yang didesain untuk meneliti alam semesta, terutama digunakan untuk meneliti materi gelap dan antimateri.

Tugas berat

Bagi Kelly, tugas kali ini sungguh berat karena sang istri, yaitu anggota kongres dari negara bagian Arizona, Gabrielle Giffords, pada Januari lalu menjadi korban penembakan di luar pasar swalayan di Tucson, Arizona, bersama konstituennya.

Penembak itu melukai 13 orang dan menewaskan 6 orang. ”Saya sudah memberikan segalanya untuk misi ini. Seandainya saja peristiwa Januari tidak ada. Namun, saya sekarang amat fokus,” ujar Kelly. Sang istri akan hadir menyaksikan peluncuran. Bagi Kelly, tugas ini adalah penugasan ke luar angkasa keempat kalinya. Saudaranya, Scott Kelly, juga seorang astronot.

Nama Endeavour

   Pesawat ulang-alik Endeavour merupakan pesawat ulang-alik termuda dari lima pesawat ulang-alik AS. Endeavour baru ”lahir” tahun 1992, enam tahun setelah pesawat ulang-alik Challenger mengakhiri masa tugasnya. Challenger merupakan pesawat ulang alik berusia terpendek: tiga tahun (1983-1986).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com