Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Ucapkan Selamat

Kompas.com - 30/04/2011, 02:57 WIB

TOKYO, JUMAT - Momen pernikahan bersejarah Kerajaan Inggris antara Pangeran William dan Kate Middleton benar-benar ”menyihir” dunia. Banyak orang, tak terkecuali pemimpin dunia seperti Dalai Lama dan Presiden Dewan Eropa Herman van Rompuy, turut bergembira dan ucapkan selamat.

Saat melawat ke Tokyo, Jepang, untuk mendoakan korban tsunami dan gempa bumi, Dalai Lama menyatakan telah mengirimkan ucapan selamat. ”Saya sudah berkirim surat ke mereka, sekaligus mengekspresikan ucapan selamat saya. Semoga pernikahan mereka bahagia selalu,” ujar biksu berusia 75 tahun itu.

Berbeda dari Dalai Lama yang menggunakan cara konvensional dengan menulis surat, Van Rompuy, yang ”penggila” perangkat komunikasi canggih, menyampaikan selamat sekaligus mengomentari momen itu lewat akun Twitter.

Van Rompuy menulis, ”Banyak selamat untuk Pangeran William dan Kate Middleton!”. Dia juga mengutip karya Shakespeare, ”Bolehkah aku membandingkan cintamu dengan sebuah hari di musim semi?”.

Sehari sebelumnya, juru bicara Komisi Eropa, Olivier Bailly, mengonfirmasi tak ada perwakilan institusi itu hadir dalam acara pernikahan di London karena tak satu pun yang diundang secara resmi.

Seolah tak mau kalah, astronot yang tengah bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional turut mengucapkan selamat kepada pasangan muda yang berbahagia itu.

Paolo Nespoli, Ron Garan, dan Cady Coleman dalam pesan video di situs lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan ingin bergabung dengan sedikitnya dua miliar penduduk dunia menonton upacara itu.

”Dari antariksa, kami kru Ekspedisi 27 Stasiun Luar Angkasa Internasional mengucapkan selamat dan harapan baik kami. Kami akan terus memantau dan menunggu,” ucap mereka.

NASA dijadwalkan meluncurkan misi terakhir pesawat antariksa Endeavour ke stasiun luar angkasa tersebut, Jumat. Pihak NASA menyatakan sama sekali tidak menyadari agenda mereka bertabrakan dengan momen pernikahan Kerajaan Inggris.

Kegembiraan dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com