Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Matahari Terbit dari Barat...

Kompas.com - 29/04/2011, 04:42 WIB

Jauh sebelum krisis nuklir di PLTN Fukushima Daiichi, Jepang sudah beberapa kali ditimpa bencana nuklir. Setelah dua kali dijatuhi bom atom pada Agustus 1945, ada satu lagi insiden terkait nuklir yang tak banyak diketahui orang.

Insiden ini menimpa kapal Daigo Fukuryu Maru (Naga Beruntung No 5), kapal kayu yang pada zamannya menjadi andalan nelayan Jepang mencari ikan tuna hingga ke tengah Samudra Pasifik.

Pada 1 Maret 1954, kapal itu dengan 23 awaknya berada sekitar 160 kilometer sebelah timur Atol Bikini, Kepulauan Marshall. Para kru tidak tahu bahwa di atol tersebut militer Amerika Serikat sedang menyiapkan uji coba bom hidrogen, jenis bom termonuklir terbaru yang berkekuatan 1.000 kali bom atom di Hiroshima.

Prof Dr Shoichiro Kawasaki, Presiden Daigo Fukuryu Maru Foundation Inc, mengisahkan, menjelang fajar hari itu, para awak kapal dikejutkan dengan kilatan cahaya menyilaukan di arah barat. ”Mereka mengisahkan, seolah-olah matahari terbit dari barat. Bola matahari yang sangat besar muncul dari cakrawala dan terangkat ke langit,” tutur Kawasaki.

Pemandangan ”matahari terbit” itu disusul suara ledakan yang menggelegar delapan menit kemudian.

Abu kematian

Belum hilang rasa penasaran para awak Daigo Fukuryu Maru, tujuh jam kemudian terjadi fenomena aneh lagi. Dari langit turun hujan abu pekat berwarna putih keabu-abuan. Hujan abu turun selama tiga jam penuh, membuat geladak kapal dan badan mereka berlapis abu tebal.

Tanpa prasangka apa pun, para awak kapal membersihkan abu tersebut dengan tangan kosong. Mereka sama sekali tak menyadari bahwa abu itu adalah material jatuhan radioaktif sisa ledakan bom hidrogen. ”Material radioaktif itu terlempar hingga stratosfer oleh ledakan dan baru jatuh beberapa jam kemudian. Bahkan, sebagian material radioaktif ini terbawa angin hingga daratan Amerika,” ungkap Prof Kawasaki.

Beberapa jam setelah menyentuh dan menghirup ”abu kematian” itu, para awak kapal mulai menunjukkan gejala-gejala penyakit radiasi, seperti pusing, muntah, pendarahan gusi, dan luka bakar. Kapal pun memutuskan pulang ke pangkalannya di kota Yaizu, 200 kilometer barat Tokyo.

Kepala Operator Radio Daigo Fukuryu Maru Aikichi Kuboyama (40), yang sempat membaca tentang tes bom-bom nuklir AS sebelumnya, sudah menduga bahwa kilatan cahaya dan hujan abu tersebut adalah efek uji coba bom nuklir. Namun, ia sengaja tak memberitahukan insiden yang ditimpa kapalnya melalui radio ke Jepang karena takut komunikasi radio itu disadap oleh pasukan AS dan mereka bisa ditangkap untuk menghilangkan saksi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com