Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Suriah Ditolak Hadir

Kompas.com - 29/04/2011, 02:56 WIB

London, Kamis - Sehari menjelang pernikahan, berbagai masalah muncul. Pemerintah Inggris, Kamis (28/4) di London, menarik undangan bagi Duta Besar Suriah untuk Inggris Sami Khiyami. Juga terungkap, Kate Middleton tidak akan berjanji patuh, tetapi berjanji mencintai Pangeran William.

Di lain pihak, para tamu undangan resmi juga harus melewati pemeriksaan ketat.

Sebagai upaya untuk mengakhiri sebuah pertengkaran diplomatik yang membuat pusing panitia, Menteri Luar Negeri William Hague mengatakan, kehadiran Dubes Suriah ”tak bisa diterima” karena tindakan keras aparat Pemerintah Suriah terhadap demonstran prodemokrasi di negara itu.

”Mengingat serangan-serangan pekan ini terhadap warga sipil oleh pasukan keamanan Suriah, Menlu memutuskan Dubes Suriah seharusnya tidak hadir,” kata sebuah pernyataan Kementerian Luar Negeri.

Istana Buckingham, kediaman resmi Ratu Elizabeth II, nenek Pangeran William, menyatakan setuju dengan langkah itu.

Keputusan itu dikeluarkan hari Kamis menyusul kritik dari kelompok-kelompok HAM soal serangan aparat Suriah terhadap demonstran.

Isu ini merupakan yang paling akhir dari serangkaian kontroversi politik mengenai undangan perkawinan terbesar Kerajaan Inggris dalam 30 tahun.

Namun, persiapan terus dilakukan. Kate menghadiri geladi bersih di Westminster Abbey hari Kamis pagi, disertai adik William yang sekaligus berperan sebagai pendamping pengantin pria, Pangeran Harry, Namun, Kate hadir tanpa calon suaminya.

Buku upacara yang dikeluarkan memperlihatkan Kate akan berjanji ”mencintai, menghibur, menghormati, dan menjaga” William dan bukan berjanji untuk ”mematuhi”, sebagaimana janji tradisional.

Ini artinya Kate mengikuti jejak almarhumah ibu William, Putri Diana, yang juga memilih menghapus kata ”mematuhi” suaminya, Pangeran Charles, pada upacara perkawinan mereka tahun 1981.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com