Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 128 Orang Tewas di Alabama

Kompas.com - 28/04/2011, 20:59 WIB

KOMPAS.com — Topan tornado masih meninggalkan banyak korban di kawasan selatan Amerika Serikat. Perhitungan termutakhir menunjukkan, pada Rabu (27/4/2011), sedikitnya 128 orang tewas di negara bagian Alabama. 

Kota terparah di situ, Turcaloosa, terhitung sebagai kawasan terparah lantaran tornado. Soalnya, di situ ditemukan setidaknya 15 orang tewas. Negara bagian Mississippi, Georgia, dan Tennessee juga melaporkan adanya korban jiwa, seturut warta AP dan AFP pada Kamis.

Keadaan darurat sudah dideklarasikan di tujuh negara bagian dan dana bantuan dari pemerintah federal sudah dikirim ke Alabama. Seorang ahli meteorologi mengatakan, tornado yang menghancurkan Tuscaloosa itu kemungkinan "yang terburuk dalam sejarah Alabama".

Tuscaloosa, kota berpenduduk 83.000 dan tempat salah satu kampus Universitas Alabama, mulai dihantam badai pada Rabu pagi. Rumah sakit di kota itu mengatakan, bangsal gawat daruratnya merawat 400 orang.

Laporan awal Biro Pelayanan Cuaca Nasional AS mengatakan bahwa sudah terjadi 300 tornado sejak gelombang badai dimulai pada Jumat lalu, termasuk lebih dari 130 tornado yang terjadi pada Rabu saja.

Gelombang badai itu saat ini diperkirakan akan menghantam negara bagian Carolina Utara dan Carolina Selatan sebelum beranjak ke arah timur laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com