Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suriah "Tak Layak" Jadi Tamu Undangan

Kompas.com - 28/04/2011, 20:38 WIB

KOMPAS.com — Urusan politik nyatanya bercampur dengan tetek bengek pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Nah, yang kena batunya giliran Suriah.

Awalnya, sebagaimana warta AP dan AFP pada Kamis (28/4/2011), Kerajaan Inggris mengundang Suriah melalui Duta Besar Suriah untuk Inggris, Sami Khiyami, hadir dalam pernikahan tersebut. Tetapi, keputusan itu ternyata mengundang kritik. Soalnya, Suriah mendapat penilaian buruk saat ini terkait penanganan pemerintahnya dalam unjuk rasa prodemokrasi.

Gara-gara tindakan Pemerintah Suriah, Pemerintah Inggris pun memanggil Khiyami. Ujung-ujungnya, keluar pernyataan dari Departemen Luar Negeri (Deplu) Inggris kalau kehadiran Khiyami "tidak dapat diterima". Isi pernyataan itu pun termasuk kata-kata Istana Buckingham yang "juga berpendapat senada".

Sebelumnya, lebih dari 400 orang dilaporkan tewas dalam satu bulan terakhir di tengah upaya Pemerintah Suriah untuk meredam protes antipemerintah. Pemerintah Inggris menyerukan diakhirinya penekanan terhadap rakyat dan diberikannya kebebasan politik.

Tak cuma itu, Deplu Inggris juga mengatakan kalau perwakilan dari negara yang memiliki hubungan diplomatik resmi diundang untuk pernikahan Pangeran William dan Catherine Middleton. "Undangan itu bukan berarti persetujuan atas tindakan pemerintah, hanya karena kami memiliki hubungan diplomatik dengan negara bersangkutan," begitu pernyataan Deplu Inggris.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com