Korban Badai di AS Sudah 80 Orang

Kompas.com - 28/04/2011, 14:54 WIB
EditorEgidius Patnistik

BIRMINGHAM, KOMPAS.com — Rangkaian badai tornado mematikan telah meratakan banyak bangunan dan menjungkirbalikkan kendaraan saat melanda wilayah Amerika Serikat, Rabu (27/4/2011) waktu setempat. Korban tewas sejauh ini sudah mencapai 80 orang dan jumlahnya diperkirakan masih akan bertambah.

Sebanyak 45 orang tewas hanya di Negara Bagian Alabama, kata pihak berwenang. Dalam menanggapai bencana tersebut, Presiden Barack Obama telah mengatakan, Washington akan mengerahkan bala bantuan ke tenggara negara itu.

Kondisi darurat telah dinyatakan di Alabama, Arkansas, Kentucky, Mississippi, Missouri, Tennessee, dan Oklahoma. Para gubernur telah memanggil pasukan Garda Nasional untuk membantu operasi penyelamatan dan pembersihan.

Badan Cuaca Nasional (NWS) punya laporan awal bahwa lebih dari 110 tornado menyentuh daratan antara Rabu, pukul 12.00 GMT (atau 17.00 WIB) hingga Kamis, pukul 02.00 GMT (atau 09.00 WIB), ketika badai-badai itu mengoyak bagian tengah dan selatan negara itu.

Daerah yang terparah terlanda badai adalah wilayah selatan Negara Bagian Alabama. Dua badai yang melanda kawasan itu telah menewaskan sedikitnya 25 orang selama 24 jam, kata Yasamie Agust dari Badan Manajemen Darurat Alabama kepada AFP pada pukul 00.30 GMT Kamis (atau pukul 07.30 WIB). Jumlah korban tewas di daerah itu melonjak dari enam orang berdasarkan laporan sebelumnya. Jumlah korban tewas untuk seluruh AS juga terus naik dari sebelum dilaporkan 44 orang, terus bertambah menjadi 70 orang dan terakhir tercatat sedikitnya 80 orang.

Sebuah tornado pada malam hari telah melanda kota Tuscaloosa. "Kota itu mengalami rusak parah," kata Agust. "Kami masih mencoba untuk menilai seberapa buruk kerusakan tersebut," kata Agust lagi. Wali Kota Tuscaloosa, Walter Maddox, kepada CNN mengatakan bahwa tornado itu telah merusak kotanya. "Istri saya dan saya sedang menonton liputan cuaca sampai monster itu tepat di atas kami," kata penduduk Tuscaloosa, Will Nevin, kepada The  Birmingham News, surat kabar lokal.

Sebuah tornado juga melanda kota Birmingham dan para pejabat masih menilai kerusakannya, kata Agust. "Ini merupakan peristiwa yang sangat serius dan mematikan yang menimpa negara bagian kami dan ini belum berakhir," kata Gubernur Alabama, Robert Brantley, kepada wartawan.

NWS telah mengeluarkan peringatakan tornadao "berisiko tinggi" yang terbilang langka, hujan es, banjir dan petir yang berbahaya untuk daerah-darah Alabama, Georgia dan Mississippi. Badan itu memperingatkan bahwa cuaca buruk juga dapat melanda 21 negara bagian AS lainnya, dari Great Lakes hingga Gulf Coast dan sepanjang Atlantik.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X