Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas dan Fatah Sepakat Rekonsiliasi

Kompas.com - 28/04/2011, 12:33 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Kelompok Palestina yang bersaing, Fatah dan Hamas, Rabu (27/4/2011), menandatangani satu kesepakatan awal mengenai rekonsiliasi dalam pembicaraan di Kairo, Mesir, yang akan meratakan jalan bagi pembentukan satu pemerintah sementara untuk mempersiapkan pemilihan umum.

Gerakan Palestina Fatah dan Hamas mencapai kesepakatan tentang semua masalah kontroversial, termasuk pemilihan dan pembentukan pemerintah sementara, kata kantor berita negara Mesir, MENA, yang mengutip para pejabat senior negara itu. "Kami telah sepakat untuk membentuk sebuah pemerintahan yang terdiri dari tokoh-tokoh independen yang akan mulai mempersiapkan pemilihan presiden dan parlemen," kata Ketua kelompok Fatah di parlemen, Azzam al-Ahmed, dan menambahkan bahwa pemilihan akan dilaksanakan dalam waktu satu tahun.

Pemerintah sementara akan bertanggung jawab untuk masalah internal, serta komite interim fraksi Palestina akan menangani urusan luar negeri, kata Pemimpin Hamas Mahmoud al-Zahar kepada Nil TV. "Ini adalah saat yang tepat untuk mendapatkan buah dari negosiasi dan mencapai kesepakatan antara Fatah dan Hamas," kata Moussa Abou Marzouq, wakil ketua biro politik Hamas, dalam konferensi pers bersama wakil-wakil kedua pihak.

"Kami telah menangani semua pernyataan kontroversial mengenai usulan Mesir, seperti tanggal pemilihan umum dan panitia pemilihan, membentuk pemerintah independen, dan kelanjutan dari kerja dewan legislatif," kata Marzouq.

Satu sumber mengatakan kepada Xinhua bahwa Mesir akan mengundang Otoritas Nasional Palestina (PNA) Presiden Mahmoud Abbas, pemimpin Hamas Khaled Mashaal, dan faksi-faksi Palestina lainnya ke Kairo dalam tempo sepekan untuk menandatangani perjanjian akhir yang bertujuan mengakhiri perpecahan politik antara Jalur Gaza yang dikuasai Hamas dan Tepi Barat yang dikuasai oleh Fatah yang memimpin PNA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com