Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Kerajaan dan Pesta Rakyat

Kompas.com - 28/04/2011, 07:51 WIB

KOMPAS.com — Perhelatan akbar besok, 29 April 2011, bukan hanya urusan Kerajaan Inggris. Berbagai kota siap memeriahkan pernikahan Pangeran William dan Catherine (Kate) Middleton. Delapan tahun persahabatan mereka di Edinburg berbuah pernikahan.

Lalu, apakah ini berarti rakyat Inggris masih mendukung eksistensi barang antik yang sudah berusia seribuan tahun yang sekarang disebut Kerajaan Inggris? Mungkin pertanyaan ini sebagian bisa dijawab dalam survei belakangan ini yang dilakukan surat kabar Guardian dan ICM.

Menurut sebuah perkiraan, penduduk Inggris Raya saat ini berjumlah 62 juta jiwa. Kalau jajak pendapat itu benar, mayoritas masih berpendapat bahwa monarki masih relevan dalam kehidupan bangsa Inggris. Katanya, Inggris lebih dihormati di dunia daripada alternatif lain, misalnya bentuk negara republik.

Dan pada saat ekonomi dilanda krisis berat sejak 2008, pesta kerajaan ini menjadi semacam hiburan di kala resesi. Oleh sebab itu, sebagian besar setuju perhelatan ini akan memberikan kegembiraan. Opini ini jelas mengecewakan kalangan republik yang menganggap monarki sudah ketinggalan zaman.

Dalam bahasa John Loughrey (56), bekas koki yang berkemah sejak Selasa (27/4), ”Kita telah bersamanya lebih dari 1.000 tahun dan mereka telah memberikan sumbangsih besar kepada kehidupan negara ini.”

Pada abad ke-21 ini monarki Inggris tampaknya masih akan bertahan dengan dukungan pada jajak pendapat MORI pada angka 70 persen tahun 2005. Tahun 2009 dalam jajak pendapat BBC dan ICM ditanyakan apakah monarki akan berlanjut setelah Ratu Elizabeth meninggal. Sebanyak 76 persen mengatakan ”ya”.

Alat pemersatu

Dalam jajak pendapat pun banyak orang berpendapat monarki menjadi alat pemersatu, bukan pemecah belah dan bukan pula memperkuat sistem kelas bangsawan versus rakyat jelata. Kehadirannya bisa dikatakan malah memperkuat kebanggaan orang Inggris.

Sebagai contoh, Local Government Association mencatat lebih dari 5.500 permohonan izin pesta rakyat di jalan-jalan telah diajukan. Di London sendiri akan berlangsung sekitar 850 pesta rakyat yang resmi diadakan pemerintah lokal dan masyarakat.

Ria Grand dari London timur mengatakan, pesta rakyat ini akan menjadi kegembiraan anak-anak. Selain itu, juga merupakan transfer budaya dalam Kerajaan Inggris. Lebih dari itu, pesta ini akan mengembalikan atmosfer persahabatan di antara tetangga. ”Di beberapa tempat, ada orang tidak tahu nama tetangganya,” katanya.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com