Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konflik Libya Surutkan Produktivitas

Kompas.com - 27/04/2011, 20:03 WIB

MILAN, KOMPAS.com — Perusahaan energi terkemuka Italia, ENI, Rabu (27/4/2011), mengatakan, produksinya turun 8,6 persen pada kuartal pertama karena konflik di Libya, yang menyumbang sekitar 14 persen dari total produksi.    

ENI juga meramalkan produksi yang lebih rendah selama 2011 secara keseluruhan karena situasi di Libya, tempat perusahaan Italia adalah produsen minyak terbesar asing. Namun, menurut laporan laba perusahaan, laba bersih ENI naik 14,6 persen menjadi 2,547 miliar euro (3,737 miliar dollar AS) pada kuartal pertama.    

Perusahaan utama Italia itu telah menghentikan semua ekspor dari negara Afrika Utara. "Meskipun ketidakpastian terus berlangsung tentang kembalinya aktivitas kami di Libya, prospek profitabilitas dan pertumbuhan bagi perusahaan kami tetap positif," kata CEO ENI Paolo Scaroni dalam sebuah pernyataan.    

"Prospek profitabilitas dan pertumbuhan bagi perusahaan kami tetap positif, didukung oleh posisi keuangan yang baik, kualitas portofolio aset kami, dan  proyek jaringan pipa yang kuat," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com