Ramai-ramai "Menjual" William-Kate di AS

Kompas.com - 27/04/2011, 07:52 WIB
EditorEgidius Patnistik

KOMPAS.com — Sebagai negara kampiun kapitalisme, Amerika Serikat dikenal sebagai tempat paling subur untuk menjual apa pun yang sedang menjadi pusat perhatian orang. Pernikahan besar Kerajaan Inggris antara Pangeran William dan Kate Middleton jelas tak akan luput dari berbagai proses komodifikasi di negeri Paman Sam ini.

Prosesi pernikahan di Gereja Westminster Abbey di London akan dimulai hari Jumat, 29 April, sekitar pukul 08.00 waktu setempat dengan puncak acara dijadwalkan pada pukul 10.00-12.00. Itu berarti masih Kamis tengah malam atau Jumat dini hari di wilayah AS.

Namun, itu tak membuat para pemilik hotel dan restoran di AS enggan menjual paket menonton siaran langsung pernikahan William-Kate. Sebaliknya, mereka justru berlomba-lomba membuat paket yang harganya sama sekali tidak murah.

Di Hotel Ritz-Carlton, Washington, sedikitnya 15 paket ”pernikahan kerajaan” telah terjual dengan harga 429 dollar AS (Rp 3,7 juta) per paket. Paket tersebut termasuk menginap satu malam di hotel dan menonton siaran langsung pernikahan pada pagi-pagi buta.

Untuk yang kantongnya lebih tipis, hotel itu juga menjual paket sarapan sambil menonton siaran langsung pernikahan seharga 40 dollar AS (Rp 346.000) per orang. Sekitar 200 orang sudah memesan paket sarapan, yang mengharuskan mereka hadir di restoran hotel sebelum pukul 05.00.

Di Manhattan, New York, Trump International Hotel and Tower milik bakal calon presiden AS, Donald Trump, menawarkan paket nonton pengantin dengan harga lebih gila, yakni 1.075 dollar AS (Rp 9,3 juta) per paket atau lebih mahal daripada harga tiket pesawat New York-London pergi-pulang.

Paket tersebut meliputi bangun pada pukul 05.00 untuk mengikuti siaran pernikahan sampai pukul 09.00, dan setelah itu berhak check-out dari hotel sore hari, jadi masih sempat tidur setelah nonton acara pernikahan.

Untuk suvenir yang lebih awet, orang Amerika juga bisa membeli boneka Kate Middleton edisi terbatas buatan The Franklin Mint. Boneka tersebut akan mengenakan miniatur gaun pengantin dan tata rambut yang dipakai Kate pada saat pernikahan. Harganya? Cukup sisihkan uang 490 dollar AS.

Kalau belum puas dengan satu boneka, produsen benda koleksi itu akan menambah satu boneka Kate dengan dandanan yang dipakai saat pengumuman pertunangan mereka, November 2010. Boneka tambahan ini bisa didapatkan ”hanya” dengan menambah uang 190 dollar AS.

Media AS juga berlomba-lomba menjual pemberitaan soal pernikahan ini. Hasil riset Nielsen Co bahkan menunjukkan, media AS lebih bersemangat mengabarkan pernikahan ini (0,2 persen dari total pemberitaan) daripada media Inggris sendiri (0,08 persen). (AFP/Reuters/DHF)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.