Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Minta Diplomatnya Keluar dari Suriah

Kompas.com - 27/04/2011, 03:12 WIB

Kairo, Kompas - Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Selasa (26/4) di Washington, meminta semua keluarga diplomat dan pegawai tidak inti pada Kedutaan Besar AS di Damaskus segera meninggalkan Suriah.

Kementerian Luar Negeri AS juga memanggil Duta Besar Suriah untuk Washington Imad Mustafa untuk menyampaikan protes AS terhadap tindakan aparat keamanan Suriah menggunakan kekuatan berlebihan dalam menghadapi pengunjuk rasa prodemokrasi di Suriah.

Pemerintah AS juga diberitakan sedang mengkaji sanksi baru terhadap Pemerintah Suriah lantaran tindakan kekerasan aparat keamanan Suriah terhadap pengunjuk rasa.

Meski demikian, harian setengah resmi Suriah, Al Watan, edisi hari Selasa mengutip pejabat tinggi Suriah yang mengatakan, ”Otoritas Suriah telah memutuskan akan melakukan operasi militer besar-besaran untuk mengembalikan keamanan dan stabilitas di negara itu.”

Namun, tulis harian Al Watan, operasi militer tersebut tidak menghentikan agenda reformasi yang dicanangkan Presiden Bashar al-Assad di negara itu.

Menurut saksi mata dari kota Daraa kepada stasiun televisi Al Jazeera, suara tembakan masih terdengar kuat di berbagai sudut kota Daraa. Pasukan Suriah didukung tank dan kendaraan lapis baja sejak Senin dini hari lalu memasuki Daraa. Sedikitnya 20 warga sipil tewas, termasuk wanita dan anak kecil, akibat serangan aparat Suriah.

Aliran air diputus

Para saksi mata mengungkapkan, tentara Suriah menghancurkan tempat-tempat penampungan air di rumah-rumah penduduk serta memutus aliran listrik dan telepon di kota Daraa.

Penduduk kota yang hanya berjarak 10 kilometer dari perbatasan Jordania itu beralih menggunakan nomor telepon Jordania untuk melakukan komunikasi di kota tersebut.

Menurut beberapa saksi mata, seperti dikutip Al Jazeera, sejumlah perwira militer di Daraa membelot dari kesatuannya dan bergabung dengan pengunjuk rasa. Para perwira tersebut balik menghadapi aparat keamanan dan penembak jitu yang sering melepaskan tembakan ke arah penduduk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com