Inilah Etiket Makan Saat Pesta Kerajaan

Kompas.com - 26/04/2011, 14:20 WIB
EditorEgidius Patnistik

SEBAGAI acara kerajaan, pernikahan William dan Kate penuh dengan aturan protokoler. Saat  jamuan makan misalnya, apa yang tamu perlu diketahui sebelum duduk di resepsi pernikahan mereka nanti?

BBC melaporkan, hidangan resepsi akan disajikan prasmanan, jadi tidak perlu khawatir tentang pengaturan tempat. Namun akan ada jamuan makan malam dan saat itu orang harus duduk dan menari. Maka ada baiknya tahu tentang sejumlah tata cara makan.

Dilema peralatan makan

Sesungguhnya ini cukup sederhana. Mulailah menggunakan peralatan dari sisi luar saat makan berlangsung. Sendok sup akan selalu terletak di kanan luar jika sup merupakan hidangan pertama. Sendok sup akan berada di posisi kedua dari kanan jika sup menjadi makanan kedua. Sendok dan garpu untuk dessert akan selalu terletak di depan piring utama dengan garpu menghadap kanan dan sendok di atasnya menghadap kiri.

Peralatan Minum

Gelas-gelas juga ditempatkan sesuai urutan mereka digunakan. Jadi, misalnya, air, sampanye, anggur putih, anggur merah, anggur pencuci mulut. Sebuah serbet mungkin akan ditempatkan pada piring atau ke kiri garpu.

Bagaimana memakan

Beberapa jenis makanan punya etiket tersendiri. Roti gulung: jangan dipotong dengan pisau, pecahkan dengan jari-jari tangan. Soup: (saat menyedok) arahkan sendok menjauh dari Anda; diteguk, jangan diseruput (yang bisa menimbulkan bunyi). Asparagus: dimakan dengan menggunakan jari-jari tangan, mulailah dengan bagian kepala. Tiram: menggunakan garpu tiram untuk melepaskan tiram dari cangkangnya. Pegang cangkang di antara ibu jari dan jari telunjuk dan jari tengah, tempatkan di bibir bawah lalu keluarkan tiram dan jusnya dari cangkang. Jangan menelannya utuh. Kunyahlah perlahan dan nikmati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.