Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etiket Berbusana Pernikahan William-Kate

Kompas.com - 26/04/2011, 10:43 WIB

KOMPAS.com - Tamu undangan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton harus tunduk dengan peraturan protokoler kerajaan, termasuk urusan berbusana. Pasalnya, kerajaan menerapkan etiket berbusana untuk tamu undangan dalam perhelatan akbar seperti pernikahan. Pilihan busana untuk tamu undangan kerajaan diantaranya seragam, morning coat atau lounge suit. Setiap model busana ini memiliki makna dan ada aturan mengenai siapa yang boleh mengenakannya.

Seragam
Hanya anggota angkatan bersenjata yang aktif yang diizinkan mengenakan seragam militer. Untuk memakainya, ia juga harus mendapat izin dari perwira yang berwenang.

"Masing-masing resimen memiliki tradisi dan protokolnya sendiri untuk pernikahan. Misalnya, dalam beberapa resimen mengenakan seragam itu tidak lazim sama sekali. Pedang pun bisa dikenakan atau tidak," tutur para pakar etiket di Debretts.

Jika prediksi ini benar, bisa dipastikan Pangeran William akan mengenakan seragam RAF (Royal Air Force). Sedangkan Pangeran Harry sebagai best man dan perwira dengan Household Cavalry kemungkinan mengenakan seragam militernya.

Morning coat
Tamu-tamu pria diharapkan mengenakan jas untuk pagi hari berwarna kelabu atau hitam, dengan rompi berwarna kelabu atau kuning, dan celana panjang kelabu bergaris-garis. Sebagai aksesorinya adalah topi kelabu, yang harus dipakai ketika berada di luar ruangan, atau dikepit di lengan saat di dalam ruangan. Topi harus dilepas ketika melakukan pemotretan resmi. Sedangkan sarung tangan yang serasi dengan rompinya harus dibawa.

Debretts, dalam Panduan Etiket Pernikahan, menyarankan sebaiknya jangan menggunakan rompi backless. Dasi sebaiknya terpasang rapi, berpasangan dengan kemeja warna netral. Sepatu sebaiknya berwarna hitam. |

Perempuan pendamping pria yang mengenakan morning coat harus mengenakan busana yang menunjukkan kesan smart-look. Etiket busana untuk tamu perempuan yang menghadiri pernikahan kerajaan adalah dengan mengenakan terusan dengan luaran jaket. Topi dan sarung tangan wajib dikenakan tamu perempuan. Sebaiknya gunakan high heels dan tas tangan yang sesuai dengan sepatu.

Lounge Suit
Bagi pria, lounge suit sama artinya dengan mengenakan jas dan celana polos satu warna seperti busana kerja. Pria harus mengenakan setelan jas berkerah dan melengkapinya dengan dasi. Untuk mendampingi pria dengan lounge suit, perempuan sebaiknya mengenakan terusan berkesan smart-look namun topi tak diwajibkan.

"Penggunaan topi lebar pada perempuan akan menyulitkan ketika akan menyapa dengan mengecup pipi. Posisi kepala harus tepat saat menggunakan topi lebar ini. Perempuan yang mengenakan topi lebar ini sebaiknya menghindari sapaan hangat dengan kecupan pipi karena akan merepotkan," jelas Debretts.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com