Etiket Berbusana Pernikahan William-Kate

Kompas.com - 26/04/2011, 10:43 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Tamu undangan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton harus tunduk dengan peraturan protokoler kerajaan, termasuk urusan berbusana. Pasalnya, kerajaan menerapkan etiket berbusana untuk tamu undangan dalam perhelatan akbar seperti pernikahan. Pilihan busana untuk tamu undangan kerajaan diantaranya seragam, morning coat atau lounge suit. Setiap model busana ini memiliki makna dan ada aturan mengenai siapa yang boleh mengenakannya.

Seragam
Hanya anggota angkatan bersenjata yang aktif yang diizinkan mengenakan seragam militer. Untuk memakainya, ia juga harus mendapat izin dari perwira yang berwenang.

"Masing-masing resimen memiliki tradisi dan protokolnya sendiri untuk pernikahan. Misalnya, dalam beberapa resimen mengenakan seragam itu tidak lazim sama sekali. Pedang pun bisa dikenakan atau tidak," tutur para pakar etiket di Debretts.

Jika prediksi ini benar, bisa dipastikan Pangeran William akan mengenakan seragam RAF (Royal Air Force). Sedangkan Pangeran Harry sebagai best man dan perwira dengan Household Cavalry kemungkinan mengenakan seragam militernya.

Morning coat
Tamu-tamu pria diharapkan mengenakan jas untuk pagi hari berwarna kelabu atau hitam, dengan rompi berwarna kelabu atau kuning, dan celana panjang kelabu bergaris-garis. Sebagai aksesorinya adalah topi kelabu, yang harus dipakai ketika berada di luar ruangan, atau dikepit di lengan saat di dalam ruangan. Topi harus dilepas ketika melakukan pemotretan resmi. Sedangkan sarung tangan yang serasi dengan rompinya harus dibawa.

Debretts, dalam Panduan Etiket Pernikahan, menyarankan sebaiknya jangan menggunakan rompi backless. Dasi sebaiknya terpasang rapi, berpasangan dengan kemeja warna netral. Sepatu sebaiknya berwarna hitam. |

Perempuan pendamping pria yang mengenakan morning coat harus mengenakan busana yang menunjukkan kesan smart-look. Etiket busana untuk tamu perempuan yang menghadiri pernikahan kerajaan adalah dengan mengenakan terusan dengan luaran jaket. Topi dan sarung tangan wajib dikenakan tamu perempuan. Sebaiknya gunakan high heels dan tas tangan yang sesuai dengan sepatu.

Lounge Suit
Bagi pria, lounge suit sama artinya dengan mengenakan jas dan celana polos satu warna seperti busana kerja. Pria harus mengenakan setelan jas berkerah dan melengkapinya dengan dasi. Untuk mendampingi pria dengan lounge suit, perempuan sebaiknya mengenakan terusan berkesan smart-look namun topi tak diwajibkan.

"Penggunaan topi lebar pada perempuan akan menyulitkan ketika akan menyapa dengan mengecup pipi. Posisi kepala harus tepat saat menggunakan topi lebar ini. Perempuan yang mengenakan topi lebar ini sebaiknya menghindari sapaan hangat dengan kecupan pipi karena akan merepotkan," jelas Debretts.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.