Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hore... Wisata Bromo Bangkit Lagi

Kompas.com - 25/04/2011, 22:44 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Setelah ditutup selama empat bulan (24 November 2010-30 Maret 2011) gara-gara erupsi, Gunung Bromo kini pelan tapi pasti mulai bangkit kendati statusnya masih tetap siaga (level 3). Setidaknya itu terlihat dari jumlah pengunjung yang menikmati keindahan panorama kaldera lautan pasir yang mulai meningkat selama tiga pekan terakhir.

Data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Probolinggo menyebutkan, jumlah pengunjung Gunung Bromo 30 Maret-23 April 2011 mencapai 2.288 orang, terdiri atas 1.651 pengunjung domestik dan 637 wisatawan mancanegara. Padahal, kaldera lautan pasir seluas 5 ribu hektare itu baru dibuka untuk wisatawan dan warga setempat pada 30 Maret lalu, meski masih ditetapkan dengan batas radius aman 2 km dari kawah Gunung Bromo.

"Itu membuktikan pesona Bromo tak pernah lekang oleh erupsi," ujar Kepala Disbudpar Probolinggo, Tutug Edi Utomo, Senin (25/4/2011).

Selain dari jumlah pengunjung, indikator lain menggeliatnya kembali Gunung Bromo adalah dengan tersenyumnya lagi para pengusaha hotel. Maklum, okupansi hotel di kawasan Bromo juga meningkat.

Menurut Ketua PHRI Kabupaten Probolinggo, Digdoyo Jamaluddin, jumlah penginap hotel di kawasan Bromo rata-rata dua kali lipat dibanding sebelumnya.

Digdoyo menambahkan, rata-rata wisatawan ingin mengetahui sisa erupsi Bromo yang berlangsung cukup lama. Karenanya, tumpukan abu vulkanik yang masih tersisa itu menjadi "bahan" untuk menjelaskan kepada tamu hotel bahwa bromo benar-benar aktif.

"Bahkan, banyak di antara mereka yang naik ke tangga Bromo dengan sembunyi-sembunyi karena merasa sudah aman. Padahal, PVMBG merekomendasikan radius aman tetap 2 km dari kawah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com