Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Yaman Setuju untuk Lengser

Kompas.com - 24/04/2011, 15:37 WIB

SANA'A, KOMPAS.com — Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh setuju meletakkan jabatan dalam waktu beberapa pekan sebagai imbalan bagi kekebalan dari hukuman, sehingga ia akan menjadi pemimpin ketiga Arab yang terguling tahun ini oleh aksi protes di jalan.

Namun, pemrotes, yang telah turun ke jalan dalam jumlah puluhan ribu selama berbulan-bulan guna menuntut diakhirinya hampir 33 tahun kekuasaannya, mengatakan, mereka takkan mengakhiri demonstrasi di jalan sampai ia benar-benar meletakkan jabatan selamanya.

Banyak demonstran yang menuntut penggulingan Saleh telah tewas dalam beberapa bulan kerusuhan di kalangan generasi muda Yaman yang diilhami oleh pemberontakan di seluruh Afrika Utara dan Timur Tengah, yang menjatuhkan pemimpin di Tunisia dan Mesir.

"Masih ada waktu satu bulan sampai presiden meletakkan jabatan dan kami menduga dia setiap waktu bisa berubah pikiran. Kami tidak akan meninggalkan arena sampai Saleh pergi, dan kami mencapai tujuan kami mendirikan negara federal yang modern," kata Mohammed Sharafi, salah seorang aktivis demonstran, Minggu (24/4/2011).

Ibrahim al-Ba’adani, seorang pegiat oposisi di kota Ibb, mengatakan terkejut bahwa oposisi resmi telah menerima prinsip kekebalan buat Saleh. "Kami akan terus melancarkan aksi duduk sampai presiden pergi," katanya.

Yaman, dengan 23 juta warga, adalah salah satu negara paling miskin di dunia Arab dan pengunjuk rasa menuduh Saleh melakukan korupsi dan salah dalam memerintah selama beberapa dasawarsa kekuasaannya. Saleh mengambil alih jabatan di Yaman Utara pada 1978 dan memimpinnya memasuki penyatuan dengan negara terpisah Yaman Selatan pada 1990.

Dalam beberapa tahun belakangan, Saleh memosisikan dirinya sebagai sekutu Amerika Serikat melawan Al-Qaeda, sementara memerangi gerilyawan Syiah di bagian utara negeri itu dan kaum separatis di selatan.

Namun setelah bertahun-tahun mendukung Saleh sebagai benteng terhadap ketidakstabilan dan kegiatan cabang Al-Qaeda di Yaman, Arab Saudi dan AS mulai menekan Saleh agar merundingkan penyerahan kekuasaan.

Para penentangnya menuduh dia menggunakan krisis keamanan yang berlangsung lama di negeri tersebut untuk mengukuhkan lingkaran dalamnya. Penindasan keras terhadap demonstrasi di jalanan hanya menambah besar kemarahan pemrotes.

Pada Sabtu (23/4/2011), partai yang berkuasa di Yaman dan oposisi menyatakan mereka telah menerima rencana bagi presiden untuk mengundurkan diri dalam waktu beberapa pekan dan diberi kekebalan dari hukuman.

Satu rencana yang disusun oleh Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), yang terdiri atas negara Arab, termasuk Arab Saudi, mengusulkan Saleh menyerahkan kekuasaan kepada wakil presidennya satu bulan setelah kesepakatan ditandatangani dengan oposisi dan diberi kekebalan dari hukuman buat dirinya, keluarga, dan pembantunya.

"Partai yang berkuasa memberi tahu menteri luar negeri GCC tentang penerimaan mereka atas rencana penuh Teluk," kata juru bicara partai tersebut, Tariq Shami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com