Putra Mahkota Abu Dhabi Sowan Obama

Kompas.com - 23/04/2011, 10:44 WIB
EditorBenny N Joewono

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan menerima Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammaed bin Zayed an-Nahayan pada 26 April untuk membicarakan kepentingan strategis bersama di Timur Tengah, demikian Gedung Putih mengumumkan, Jumat (22/4/2011).

Pertemuan itu diumumkan sepekan setelah Putra Mahkota bertemu Kepala Komando Pusat AS Letnan Jenderal James Mattis, saat ketegangan meningkat di antara negara-negara Arab dan Iran.

"Presiden Obama akan menyambut Putra Mahkota Mohammed bin Zayed An Nahayan dari Uni Emirat Arab ke Gedung Putih pada Selasa, 26 April," katanya dalam satu pernyataan.

"Presiden menanti-nanti untuk membicarakan dengan Putra Mahkota, hubungan kuat antara AS dan UAE serta kepentingan strategis kami di kawasan itu," kata Gedung Putih.

Situasi tegang di antara negara-negara Arab Teluk dan Iran memburuk setelah intervensi pasukan keamanan Teluk pada pertengahan Maret lalu, yang mencakup satu-kesatuan dari UAE, di Bahrain yang diperintah Sunni, tempat pasukan keamanan menumpas demonstrasi prodemokrasi pimpinan Syiah.

Intervensi itu telah memicu perang kata antara berbagai negara Arab Teluk dan tetangga mereka Iran, dengan kedua belah pihak saling tuduh telah campur tangan di Bahrain, dan negara-negara Arab menduga campur tangan Iran di Kuwait.

AS dan berbagai negara Barat lainnya menuduh Teheran berusaha mendapatkan senjata nuklir dan mendukung gerilyawan di Irak.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X