Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Magelang Bagikan Telur Paskah

Kompas.com - 22/04/2011, 18:46 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Perayaan Paskah tahun ini dimanfaatkan umat Kristiani di Dusun Gledek, Desa Podosoko, Candimulyo, Magelang, Jawa Tengah, dengan membagi-bagikan telur ayam kepada warga yang tidak mampu. Sebelum pembagian, umat yang mayoritas petani itu berdoa bersama dipimpin Pendeta Wiwin.

Mereka mengenakan surjan (pakaian adat Jawa) serta caping dari anyaman bambu. "Kami bagikan telur-telur itu kepada semua warga tanpa memandang agama atau kepercayaan," kata Wardoyo, koordinator kegiatan itu, Jumat (21/4/2011) di Magelang.

Menurut Wardoyo, perayaan Paskah ini merupakan wujud kepedulian dan kebersamaan dengan seluruh umat manusia. Karena itu, petani sengaja mengemas kegiatan dalam nuansa budaya, agar lebih membumi namun tanpa menghilangkan makna dasarnya.

Warga yang menerima telur tampak senang dan terhibur dengan kedatangan para petani. "Kami senang, selain menghibur, ternyata mereka juga memberi bingkisan," tutur Mbah Wagi, salah satu warga yang menerima telur.

Pendeta Wiwin menjelaskan, telur Paskah melambangkan sebuah kemenangan. Sebutir telur yang sudah dieram, lalu pecah dan menetas, sehingga muncullah kehidupan baru. "Telur juga sebagai simbol kemenangan dan kebangkitan bersama," tutur Pendeta Wiwin.

Rangkaian kebaktian Paskah di Gereja Kristen Jawa Podosoko berlangsung dalam tiga bagian, yaitu Perjamuan Kamis Putih yang dilaksanakan Kamis (21/4/2011), menyusul kebaktian Jumat Agung, kemudian Kebaktian Fajar Paskah pada Minggu (23/4/2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com