Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Kapal Korsel Dibajak di Somalia

Kompas.com - 21/04/2011, 10:31 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Sebuah kapal kontainer milik Korea Selatan diyakini telah dibajak para perompak Somalia, demikian dikatakan Kementerian Luar Negeri Korsel, Kamis (21/4/2011).

Kapal kontainer berbobot 75.000 ton yang membawa 14 warga Korsel menuju ke Singapura itu dilaporkan kehilangan komunikasi dengan operatornya, Hanjin Shipping, di perairan lepas pantai Somalia.

Kapal MV Sinar Kudus yang memiliki anak buah kapal (ABK) sebanyak 31 orang, termasuk 20 warga negara Indonesia, pada 16 Maret juga dibajak di perairan Arab dan digiring ke wilayah perairan Somalia.

Pemerintah Somalia menyarankan Indonesia untuk mengirimkan perunding yang profesional pada perompak agar semuanya dapat berjalan dengan baik.

Para pejabat Somalia mengatakan, perompakan itu tidak saja mengganggu ketenangan masyarakat internasional, tetapi juga mengganggu keadaan ekonomi Somalia sebab tidak ada kapal yang ingin merapat di Somalia dalam mengirimkan barang dagangan.

Pemerintah Somalia pun telah melakukan tindakan terhadap para perompak, terbukti dengan penahanan sekitar 500 perompak di penjara di Somalia.

"Solusi paling bagus hanya satu, yaitu perkuat Angkatan Laut Somalia dari darat agar dapat melakukan patroli dan memberikan pelatihan penjagaan kepada mereka," kata Duta Besar Somalia untuk Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com