Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggemar William-Kate di AS Siap Pesta

Kompas.com - 21/04/2011, 07:12 WIB

KOMPAS.com — Tinggal 10 hari lagi sampai warga Amerika Serikat memasang alarm mereka pada dini hari untuk menyaksikan Pangeran William dari Inggris menikahi Kate Middleton. Demam kerajaan meningkat di seberang Samudra Atlantik. Pesta sepanjang malam, minum teh gaya Inggris, sampai nonton bareng direncanakan menyambut upacara perkawinan di London itu.

Di pinggiran Los Angeles, seorang pemilik warung merencanakan buka sepanjang malam untuk pesta sampanye. Di Washington, seorang perempuan merencanakan minum teh gaya Inggris untuk 20 tamu. Di Mississippi, para mahasiswa akan menonton pangeran pujaan mereka menikahi kekasihnya sejak mahasiswa.

Seorang penggemar merencanakan terbang setengah negeri jauhnya untuk menyaksikan perkawinan itu bersama putrinya, seperti dahulu saat perkawinan Putri Diana tahun 1981. Seorang perempuan lain mengambil cuti sehari untuk menikmati pesta itu.

"Ini begitu romantis," kata Golriz Moeini (36), pemilik The White Harte Pub di Woodland Hills, California. Dia merencanakan menayangkan upacara perkawinan tersebut di tujuh pesawat televisi saat dimulai pukul 02.00 waktu setempat pada 29 April.

Bahwa orang Amerika tertarik kepada perkawinan Middleton dengan Pangeran William, yang telah menjadi sorotan publik sejak lahir, adalah jelas. Namun mengapa?

"Petunjuknya adalah peran Middleton sebagai seorang jelata memasuki monarki Inggris yang begitu ketat," kata Philippa Levine, salah seorang direktur Program Kajian Inggris di Universitas Texas, Austin.

"Bagi orang Amerika, itu mengetuk sesuatu yang berakar dalam kebudayaan ini, setiap orang bisa berhasil, Anda hanya harus berusaha keras," kata Levine. "Bagi banyak orang, ini benar-benar mengungkapkan kemungkinan bahwa itu bisa bagi mereka."

Bisnis laris

Diane LaChapelle (72) dari Dolores, Colorado, merencanakan terbang ke San Francisco dan bangun pada pukul 02.00 untuk menonton acara perkawinan itu dengan putrinya. LaChapelle dan anak-anak perempuannya dahulu juga bangun pada dini hari untuk menyaksikan Pangeran Charles menikahi Putri Diana.

Dunia usaha juga terkena demam itu. Lyric Theatre di Blacksburg, Virginia, merencanakan nonton bareng pada pukul 05.45 dengan kue perkawinan. Cityscape Bar di Chicago merencanakan menu koktil dengan minuman seperti "The Courtship" dan "The Bitter Queen". Restoran New York, Tea & Sympathy, merencanakan bazar jalanan.

Sebuah pol di Inggris memperlihatkan bahwa mungkin saja dia cantik, kaya, dan akan segera menikahi seorang pangeran, tetapi sebagian besar perempuan Inggris tidak iri kepada Kate Middleton.

Ditanya seberapa besar mereka iri kepada tunangan Pangeran William itu, 86 persen perempuan yang disurvei oleh YouGov mengatakan mereka tidak iri. Alasan utamanya adalah anggapan bahwa Kate tidak akan bisa mempunyai kehidupan normal setelah perkawinan itu. (AP/Reuters/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com