Dijual Daging Unta Australia, Mau?

Kompas.com - 20/04/2011, 07:40 WIB
EditorEgidius Patnistik

SYDNEY, KOMPAS.com - Sambil menyelam minum air. Ini tampaknya yang dilakukan Australia yang punya komoditas ekspor baru yaitu daging unta. Selain devisa masuk kantong, jumlah unta yang dianggap mengganggu ekosistem pun dapat dikendalikan.

Ekspor daging unta ini rencananya dimulai awal 2012. Seorang pengusaha Mesir, Magdy El Ashram, hendak membuka pabrik pengolahan daging unta di sebuah kota kecil di pedalaman Australia Selatan. Ambisinya tak hanya memopulerkan daging unta sebagai santapan di seluruh dunia, tetapi juga mengurangi populasi unta yang membuat masalah.

Peluang ekspor baru ini juga membuka lapangan kerja bagi 300 orang. Menurut Ashram, daging unta lebih sehat daripada daging sapi. Sekitar sejuta ekor unta hidup di lahan seluas 3 juta kilometer persegi di Australia. Populasi unta akan berlipat dua setiap sembilan tahun. Pemerintah Australia mengeluarkan dana sebesar 19 juta dollar Australia (20 juta dollar AS) empat tahun terakhir hanya untuk menanggulangi populasi unta. (AP/Joe)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X