Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolivia Jadi Produsen Lithium Karbonat

Kompas.com - 20/04/2011, 05:20 WIB

UYUNI, KOMPAS.com - Bolivia akan memproduksi lithium karbonat untuk pertama kalinya tahun ini, Presiden Evo Morales mengatakan Selasa. Kebijakan ini sebagai sebuah tanda Bolivia sedang membuat langkah ekonomi berkat cadangan utamanya dari mineral yang digunakan dalam baterai mobil listrik.    

Bolivia diperkirakan memiliki 70 persen cadangan dunia dari mineral yang juga digunakan dalam industri keramik dan farmasi tersebut. Mineral ini paling menonjol digunakan saat ini dalam baterai mobil listrik. "Tahun ini kami akan  sudah memiliki lithium karbonat, dan yang paling penting adalah bahwa itu adalah langkah pertama menuju industrialisasi," kata Morales, seorang kiri yang memimpin negara termiskin di Amerika Selatan itu, mengatakan di Uyuni, dataran garam tempat mineral itu berada.    

Morales tertarik untuk memiliki Bolivia yang benar-benar menghasilkan baterai tetapi belum ada kesepakatan keluar pada tahap ini, karena itu akan membutuhkan  masukan  modal utama dari mitra internasional. Bolivia memperkirakan bahwa di dataran garam selatan ada 100 juta metrik ton mineral. Lithium banyak digunakan dalam baterai isi ulang untuk laptop, ponsel, dan mobil listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com