Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual-Beli Rumah, Hal Baru untuk Rakyat Kuba

Kompas.com - 20/04/2011, 02:27 WIB

KOMPAS.com — Cuma ada satu hal yang tertanam di benak kebanyakan rakyat Kuba soal rumah. Pemerintah komunis sudah menetapkan, sekitar 50 tahun silam, rakyat Kuba hanya boleh mewariskan rumah kepada anak-anak mereka. Mereka juga hanya boleh menukarkan rumah dengan rumah orang lain lewat proses birokrasi. Nyatanya, sebagaimana warta AP dan AFP pada Rabu (20/4/2011), proses macam itu teramat sulit dan korup pula.

Langkah itu diputuskan pada kongres pertama dalam 14 tahun oleh Partai Komunis yang berkuasa. Keputusan itu dimaksudkan untuk memberi udara segar bagi sistem komunisme di Kuba.

Belum ada rincian mengenai bagaimana kebijakan baru mengenai penjualan properti tersebut akan dijalankan. Sementara itu, Presiden Kuba Raul Castro memperingatkan bahwa konsentrasi kepemilikan properti tidak akan dibolehkan.

Selama kongres berlangsung, Presiden Castro juga mengatakan bahwa masa kerja pejabat-pejabat tinggi politik akan dibatasi dua sampai lima tahun. Dia juga menjanjikan adanya peremajaan sistem terhadap pemerintahan.

Dia mengatakan, kepemimpinan partai perlu pembaruan dan partai itu harus melakukan kritik berat terhadap diri sendiri. Usulan itu belum pernah diajukan di era komunisme Kuba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com