Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyempurnakan Riasan dengan Bedak

Kompas.com - 19/04/2011, 09:52 WIB

KOMPAS.com - Bedak dalam dunia kosmetik diibaratkan dengan dua sisi mata uang. Bila kita menggunakannya dengan tepat, bedak dapat menyerap minyak sehingga wajah kita tidak mengkilap, plus menjadi "kanvas" halus sebelum menggunakan blush. Tapi jika kita kurang tepat mengaplikasikannya, garis-garis halus pada wajah akan semakin jelas terlihat.

Itu mengapa Bobbi Brown, make-up artist yang juga memiliki Bobbi Brown Cosmetics, dengan tangan terbuka memberikan kita cara mengaplikasikan bedak. Sangat praktis, sebab kita hanya perlu mengikuti empat langkah berikut ini:

Langkah 1: Awali dengan moisturizer
Pilih pelembab atau moisturizer yang mengandung hyaluronic acid atau glycerin untuk mengenyalkan permukaan kulit. Sehingga ketika kita mengaplikasikan bedak, garis-garis halus atau keriput yang mulai muncul pada wajah dapat ditutup dengan sempurna. Sebaiknya tunggu 2 menit agar pelembab benar-benar menyerap ke dalam kulit. Setelah itu gunakan concealer, foundation, baru bedak.

Langkah 2: Pilih bedak dengan formulasi ringan
Contoh bedak dengan formulasi ringan adalah bedak tabur atau bedak padat. Jika kita biasa memakai bedak tabur, pilihlah yang sewarna dengan tone kulit. Tapi jika kita biasa memakai bedak padat, cari yang dalam label dituliskan sheer. Ini menandakan bedak padat yang kita gunakan teksturnya sangat ringan. Sebaiknya hindari bedak jenis matte karena teksturnya lebih padat sehingga akan semakin menegaskan garis-garis halus yang ada pada wajah.

Coba: Body Shop Loose Face Powder, Bobbi Brown Sheer Finish Loose Powder.

Langkah 3: Gunakan kuas wajah yang lembut untuk meratakan bedak
Kuas lembut ini akan meratakan bedak yang kita gunakan dengan sempurna. Caranya, sapukan bedak dengan kuas yang kita pilih, lalu kibaskan pada telapak tangan untuk menghilangkan gumpalan bedak.

Setelah itu, sapukan kuas pada seluruh wajah, khususnya di area wajah yang lebih berminyak. Biasanya kening, hidung, dan dagu atau biasa disebut daerah T, adalah area wajah yang sangat berminyak. Baru sapukan kuas pada pipi dan di bawah mata. Ulangi sekali lagi pada seluruh area wajah agar kulit semakin bercahaya.

Langkah 4: Sempurnakan dengan kertas minyak

Agar wajah tidak berkilap, tepuk-tepuk kertas minyak pada wajah. Ini akan menyerap minyak tanpa menghapus beda yang sudah sempurna menempel di wajah kita.

(Prevention Indonesia Online/Siagian Priska)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com