240 Tornado Hantam AS, 45 Orang Tewas

Kompas.com - 19/04/2011, 05:32 WIB
Editor

Raleigh, Senin - Tiga hari amukan badai dan topan di bagian selatan Amerika Serikat menewaskan sedikitnya 45 orang, Kamis (14/4) hingga Sabtu lalu. Badai dan topan yang membawa angin dan hujan itu juga menghasilkan setidaknya 240 tornado. Amukannya merusak ratusan bangunan dan menumbangkan tiang listrik-tiang listrik.

Sistem badai itu mengamuk paling hebat di Negara Bagian North Carolina. Di wilayah itu sedikitnya 21 orang tewas dan lebih dari 80 orang cedera.

AS bagian selatan merupakan wilayah pertemuan pusaran angin panas dan dingin, yang sering menyebabkan badai, termasuk tornado.

Para pengamat melaporkan, lebih dari 60 topan terjadi di seluruh Negara Bagian North Carolina hari Sabtu.

Sebuah badai topan menewaskan empat orang di Bladen County (semacam kabupaten), kemudian bergulir sepanjang 240 kilometer ke Bertie County dan menewaskan 11 orang lagi.

Terlempar seperti korek

Rumah-rumah diratakan dan mobil serta truk dilempar-lempar bagai batang korek api. Pesawat-pesawat tertiup ke luar landasan di sebuah bandara setempat. Pohon tercerabut dan puing-puing beterbangan memutus kawat listrik di North Carolina.

”Saya telah melihat banyak kerusakan di North Carolina selama bertahun-tahun, tetapi ini yang paling parah. Kerusakannya sangat besar,” kata Gubernur North Carolina Beverly Perdue kepada CBS News setelah memeriksa tempat-tempat yang paling parah terkena, Minggu.

Cuaca buruk itu dimulai hari Kamis di Oklahoma, di mana dua orang tewas, berlanjut ke selatan dan menghantam North Carolina dan Virginia hari Sabtu. Pihak berwenang mengatakan, tujuh orang tewas di Arkansas, tujuh orang di Alabama, tujuh orang di Virginia, dan satu orang di Mississippi.

Lebih dari 240 tornado dilaporkan muncul dari sistem badai itu, termasuk 62 di North Carolina. Namun, data terakhir dari Badan Cuaca Nasional AS mungkin lebih rendah karena beberapa topan dicatatkan lebih dari sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X