Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Selandia Baru Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 19/04/2011, 05:29 WIB

WELLINGTON, KOMPAS.com — Gempa bumi bermagnitud 6,6 mengguncang kawasan lepas pantai timur laut Selandia Baru, Selasa (19/4/2011) waktu setempat.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan peringatan tsunami lokal. Namun, mereka juga mengatakan, tidak ada ancaman tsunami destruktif luas. Gempa bawah laut itu terjadi pukul 01.03 waktu setempat (Senin pukul 20.03 WIB), sekitar 550 kilometer sebelah timur Auckland.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat, pusat gempa berada 90 km di bawah permukaan laut. USGS sebelumnya mengatakan, gempa itu bermagnitud 6,4.

Pusat gempa terletak di sebelah barat daya Kepulauan Kermadec, sekitar 1.000 km timur laut Selandia Baru. Selandia Baru berlokasi di "lingkaran api" Pasifik, sebuah zona yang sering mengalami kegiatan tektonik dan diguncang gempa bumi.

Kota terbesar kedua negara itu, Christchurch, hancur akibat gempa bermagnitud 6,3 pada Februari dan menewaskan 181 orang. Gempa susulan lebih besar dengan magnitud 7,1 terjadi pada September lalu. Namun, gempa susulan ini kurang destruktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com