Gempa Selandia Baru Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 19/04/2011, 05:29 WIB
Editoryuli

WELLINGTON, KOMPAS.com — Gempa bumi bermagnitud 6,6 mengguncang kawasan lepas pantai timur laut Selandia Baru, Selasa (19/4/2011) waktu setempat.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan peringatan tsunami lokal. Namun, mereka juga mengatakan, tidak ada ancaman tsunami destruktif luas. Gempa bawah laut itu terjadi pukul 01.03 waktu setempat (Senin pukul 20.03 WIB), sekitar 550 kilometer sebelah timur Auckland.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat, pusat gempa berada 90 km di bawah permukaan laut. USGS sebelumnya mengatakan, gempa itu bermagnitud 6,4.

Pusat gempa terletak di sebelah barat daya Kepulauan Kermadec, sekitar 1.000 km timur laut Selandia Baru. Selandia Baru berlokasi di "lingkaran api" Pasifik, sebuah zona yang sering mengalami kegiatan tektonik dan diguncang gempa bumi.

Kota terbesar kedua negara itu, Christchurch, hancur akibat gempa bermagnitud 6,3 pada Februari dan menewaskan 181 orang. Gempa susulan lebih besar dengan magnitud 7,1 terjadi pada September lalu. Namun, gempa susulan ini kurang destruktif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.