Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tsunami Boleh Datang, Penjualan Kian Menjulang

Kompas.com - 18/04/2011, 17:08 WIB
KOMPAS.com — Korea Selatan (Korsel) membukukan catatan perdagangan positif dengan Jepang hingga Maret tahun ini. Meski selama bulan itu, Negeri Sakura terlanda bencana alam gempa bumi dan tsunami pada Jumat (11/3/2011).

Menurut warta Xinhua pada Senin (18/4/2011), sampai dengan Maret, ekspor ke Jepang meningkat meenjadi 3,27 miliar dollar AS. Angka ini menjulang 53,8 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Kementerian Pengetahuan Ekonomi Korsel menyampaikan data ini. Sementara periode Januari hingga Maret 2011, kenaikan nilai ekspor Korsel sudah 2,95 miliar dollar AS.

Pada bagian lain, impor Korsel dari Jepang berada di posisi 6,24 miliar dollar AS hingga Maret. Angka ini merupakan kenaikan 8,4 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Rata-rata, menurut pihak Korsel, bencana alam tersebut di atas hanya memiliki imbas kecil terkait perdagangan kedua negara. Pada kuartal pertama, perdagangan Korsel dengan Jepang menurun angkanya.

Korsel juga mengalami peningkatan pengapalan produksi minyak ke Jepang. Peningkatannya mencapai 224 persen atau menjadi 744 juta dollar AS pada Maret lalu. Korsel juga mengalami pertumbuhan ekspor dobel digit dengan Jepang untuk produk semikonduktor, pelat baja, dan peralatan peranti komunikasi.

Pada sisi lain, impor Korsel dari Jepang untuk semikonduktor turun 25,3 persen menjadi 272 juta dollar AS. Sementara pengapalan pelat baja dan semikonduktor naik masing-masing menjadi 29,6 persen dan 28,9 persen.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com