Partai Mubarak Akhirnya Dibubarkan

Kompas.com - 17/04/2011, 08:27 WIB
EditorBenny N Joewono

KAIRO, KOMPAS.com - Pengadilan Mesir Sabtu (15/4/2011) memerintahkan pembubaran partai politik mantan presiden Hosni Mubarak. Pembubaran Partai Nasional Demokrat (NDP) yang dulu menjadi kendaraan politik Hosni Mubarak ini, merupakan salah satu tuntutan para pengunjuk rasa, yang mengakhiri 30 tahun pemerintahannya.

Pengadilan Tinggi Kairo juga memerintahkan likuidasi terhadap aset Partai Nasional Demokrati (NDP), dan mengembalikan dana tersebut kepada negara. NDP mendominasi politik Mesir sejak didirikan oleh pendahulu Mubarak, Anwar el-Sadat, pada 1978.

Markas partai tersebut sempat dibakar saat aksi protes yang menggulingkan pemerintahan Mubarak berlangsung pada Februari lalu, dan para pendukungnya dianggap bertanggung jawab atas beberapa tindakan brutal selama demonstrasi berlangsung.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X