Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tutup Elbrus

Kompas.com - 16/04/2011, 18:48 WIB

KOMPAS.com — Khalayak yang doyan berjalan-jalan menikmati pegunungan silakan menahan diri sementara bertandang ke Elbrus. Pasalnya, sebagaimana warta Xinhua pada Sabtu (16/4/2011), Pemerintah Rusia menutup kawasan Elbrus, terhitung Sabtu.

Elbrus adalah kawasan wisata pegunungan yang menjadi salah satu andalan Rusia di kawasan Kaukasus. Biasanya, pendaki gunung amat ingin berkunjung ke sana lantaran Gunung Elbrus termasuk salah satu puncak tertinggi dunia.

Adalah pihak otoritas Kabardian-Balkarian yang memutuskan penutupan hal itu. "Kami berupaya menjaga keselamatan wisatawan dari aksi terorisme," kata pihak tersebut.

Sejatinya, Rusia melalui otoritas Kabardian-Balkarian yang memang masuk dalam negara Rusia tengah menggelar operasi antiterorisme. Selain Elbrus, kawasan operasi tersebut meliputi pula Baksan, Chegem, Distrik Cherek, dan sebagian Kota Nalchik. 

"Kami akan membuka kembali kawasan Elbrus setelah operasi antiterorisme berjalan aman dan lengkap," kata pihak otoritas tanpa menyebutkan batas waktu penutupan tersebut.

Februari lalu, kelompok orang senjata menembaki sebuah mobil van yang tengah mengangkut turis menuju Elbrus dari arah Moskwa. Insiden itu membunuh tiga orang dan melukai dua lainnya. Kejadian itulah yang menjadi bagian dari operasi antiterorisme dimaksud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com