Rusia Tutup Elbrus

Kompas.com - 16/04/2011, 18:48 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Khalayak yang doyan berjalan-jalan menikmati pegunungan silakan menahan diri sementara bertandang ke Elbrus. Pasalnya, sebagaimana warta Xinhua pada Sabtu (16/4/2011), Pemerintah Rusia menutup kawasan Elbrus, terhitung Sabtu.

Elbrus adalah kawasan wisata pegunungan yang menjadi salah satu andalan Rusia di kawasan Kaukasus. Biasanya, pendaki gunung amat ingin berkunjung ke sana lantaran Gunung Elbrus termasuk salah satu puncak tertinggi dunia.

Adalah pihak otoritas Kabardian-Balkarian yang memutuskan penutupan hal itu. "Kami berupaya menjaga keselamatan wisatawan dari aksi terorisme," kata pihak tersebut.

Sejatinya, Rusia melalui otoritas Kabardian-Balkarian yang memang masuk dalam negara Rusia tengah menggelar operasi antiterorisme. Selain Elbrus, kawasan operasi tersebut meliputi pula Baksan, Chegem, Distrik Cherek, dan sebagian Kota Nalchik. 

"Kami akan membuka kembali kawasan Elbrus setelah operasi antiterorisme berjalan aman dan lengkap," kata pihak otoritas tanpa menyebutkan batas waktu penutupan tersebut.

Februari lalu, kelompok orang senjata menembaki sebuah mobil van yang tengah mengangkut turis menuju Elbrus dari arah Moskwa. Insiden itu membunuh tiga orang dan melukai dua lainnya. Kejadian itulah yang menjadi bagian dari operasi antiterorisme dimaksud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.