Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembak 3 Sipir, Pembunuh Yahudi Kabur

Kompas.com - 16/04/2011, 02:06 WIB

SANAA, KOMPAS.com — Seorang tahanan yang didakwa membunuh warga Yahudi Yaman serta sembilan orang lain, dan dijatuhi hukuman mati, melarikan diri, Jumat (15/4/2011) dari penjara Amran dekat Sanaa, ibu kota Yaman.

Ia kabur setelah membunuh tiga sipir. "Ke-10 tahanan itu melarikan diri setelah menembak mati tiga sipir dan mencederai tiga orang lain di penjara Amran, 50 kilometer sebelah utara Sanaa," kata sumber yang menolak disebutkan namanya itu, tanpa penjelasan lebih lanjut mengenai pembobolan penjara tersebut.

Ia mengatakan, Abdel Aziz Yahia al-Abdi dijatuhi hukuman mati pada 2010 karena membunuh seorang anggota komunitas kecil Yahudi di Yaman, termasuk di antara para pelarian itu. Masha Yaishe Nahari, warga Yahudi Yaman yang memiliki sembilan anak, ditembak mati pada Desember 2008.

Pembobolan penjara itu dilakukan pada awal bulan ketiga protes antipemerintah di Yaman yang bertujuan menggulingkan Presiden Ali Abdullah Saleh. Demonstrasi di Yaman sejak akhir Januari yang menuntut pengunduran diri Saleh dikabarkan telah menewaskan sekitar 100 orang.

Oposisi Yaman mendesak Saleh mengakhiri kekuasaan tiga dasawarsanya dan menyerahkan wewenang kepada deputinya untuk periode peralihan, tetapi usulan itu ditolak oleh pemimpin kawakan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com