Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesulitan Pabrik Toyota Menjalar ke Eropa

Kompas.com - 15/04/2011, 14:37 WIB

TOYOTA CITY, KOMPAS.com - Kemampuan pabrik mobil Toyota di Eropa untuk berproduksi  – meski tetap beroperasi - makin parah pada Mei mendatang.  Penyebabnya, pasokan komponen atau suku cadang yang sangat terbatas. Hal tersebut diumumkan oleh Toyota Motor Corporation (TMC) hari ini melalui situsnya.

Pabrik Toyota di Eropa yang terganggu produksinya berada di Inggris, Turki, Perancis dan Polandia. Sementara di Jepang, TMC  menunda target pengoperasian pabrik berproduksi 50 persen antara 9 Mei sampai 3 Juni 2011. Sebelumnya, diperkirakan, pabrik Toyota di negaranya sudah bisa berproduksi 50 persen dari kapasitas normal pada 18 sampai 27 April.

Bahkan, target 3 Juni masih ancar-ancar. “TMC akan menentukan kebijakan produksi lebih lanjut setelah memperkirakan situasi pemasok komponen dan perusahaan terkait lainnya,” jelas TMC. Belum dijelaskan kondisi pabrik Toyota di Asean, seperti Thailand dan Indonesia! Padahal, Toyota Indonesia mengakui, produksinya  terpengaruh akibat gempa dan tsunami di Jepang.

Namun yang pasti Toyota menyadari, konsumen akan mengalami kekecewaan karena pihak mereka tidak bisa memenuhi janji. “TMC minta maaf sebesar-besarnnya   karena belum bisa membuat mobil sesuai dengan spesifikasi keinginan pelanggan karena masih terbatasnya pasokan komponen,”jelas TMC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com