Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kate Middleton, Makeover dari Kepala hingga Kaki

Kompas.com - 15/04/2011, 12:21 WIB

KOMPAS.com — Seperti calon pengantin pada umumnya, Kate Middleton tampaknya juga mempersiapkan penampilan fisiknya dengan cermat. Saat kali terakhir mendampingi Pangeran William di depan publik (sebelum pernikahan mereka) di Darwen, Lancashire, Kate tampak lebih ramping. Stocking buram atau boots yang dulu biasa dikenakannya saat masih kuliah kini berganti dengan setelan blazer dan rok berwarna biru navy dan court shoes berwarna senada. Rambutnya yang coklat gelap dibiarkan tergerai, hanya sedikit dijepit ke belakang.

Sejak namanya mulai dikenal sebagai kekasih William, sebenarnya Kate sudah mengubah penampilannya dari kepala hingga kaki. Perempuan 29 tahun ini cukup cerdas untuk mengubah gaya berbusananya, bahkan gerak-gerik tubuhnya. Julia Lawrence, penulis feature di The Daily Mail, mengungkapkan sejumlah makeover yang telah dilakukan Kate:

Rambut
Rambut panjangnya yang tergerai indah biasa ditata oleh penata rambut kalangan selebriti, Richard Ward, yang kliennya antara lain Countess of Wessex (Sophie Rhys-Jones) dan Lisa Snowdon. Rambut yang dijepit ke belakang ini ditiru Kate dari calon bibinya, Putri Anne. Pakar etiket Jean Broke-Smith mengatakan, "Kate tetap setia dengan gaya orisinalnya, yang dibiarkan terurai dan natural. Namun, ia juga sangat sadar kamera. Oleh karena itu, foto yang menampakkan rambut yang menutupi wajahnya tidak akan terlihat bagus."

Untuk pernikahannya nanti, Kate juga disebut-sebut akan membiarkan rambutnya tetap tergerai. Penata rambut yang telah ditunjuk adalah James Pryce, juga dari salon Richard Ward.
 
Tata rias
Kate juga dilaporkan menolak penata rias pada hari pernikahannya, dan memilih merias wajahnya sendiri. Ia bahkan tak ingin dilayani oleh make-up artist yang merias wajahnya untuk foto resmi pertunangannya. "Ia memang masih merias wajahnya sendiri, dan memang terlihat bagus. Memesona, sangat terkesan Inggris, yang akan membuat orang Inggris makin sayang kepadanya," ujar make-up artist Julia Bolino.

Menurut pengamatan Bolino, Kate tidak mengubah tata riasnya sejak masa kuliah. Matanya yang gelap diberi eyeliner hitam dan lipstik berwarna natural untuk menyamarkan bibirnya yang tipis. Gayanya yang bersahaja ini dipengaruhi oleh ibunya, Carole.

Gigi
Senyum indah Kate merupakan hasil perawatan dokter gigi spesialis, dr Didier Fillion, yang telah merawatnya sejak sebelum bertunangan. Menurut dr Tif Qureshi, dari British Academy of Cosmetic Dentistry, tampaknya Kate diam-diam mengenakan kawat gigi (entah yang mudah dilepas-pasang atau yang permanen, tetapi tak terlihat). "Kelihatannya ia melakukan pemutihan gigi dan penambahan tepi gigi agar panjang semua giginya sama," kata dr Qureshi.

Tubuh
Saat tampil dalam peragaan busana yang kemudian menyedot perhatian William itu, Kate memiliki tubuh yang atletis, tetapi berlekuk. Bila waktu itu ia memakai pakaian berukuran 10, kabarnya sekarang ia mengenakan ukuran dua nomor di bawahnya. Tubuhnya memang jadi terlihat lebih kurus. "Saya menghargai bila calon pengantin menurunkan berat badannya, tapi Kate harus menerima bahwa sekarang ia menjadi panutan untuk perempuan muda di mana saja," tutur Kay Burley, pembaca berita SkyTV, yang mengaku prihatin dengan penampilan Kate.

Pakaian
Pada dasarnya, Kate senang bergaya konservatif. Ia memilih sendiri semua pakaiannya untuk acara pertunangan, bahkan gaun pengantinnya, tanpa didampingi orang lain. Namun, menurut penata gaya selebriti, Camilla Ridley Day, gaya Kate terus berkembang. "Ia sudah tak lagi mengenakan boots kulit setinggi lutut gaya Sloane Ranger itu," katanya. "Dengan roknya yang konservatif (yang dikenakan di Lancashire) itu, ia berdandan lebih formal sesuai untuk pengantin kerajaan. Namun, dengan pakaian itu ia jadi terlihat 10 tahun lebih tua."

Perilaku
Pakar etiket Jean Broke-Smith mengatakan bahwa clutch yang selalu dipakai Kate ke mana-mana itu merupakan tanda bahwa sulung dari dua bersaudara ini menerima petunjuk untuk menghadiri acara-acara kerajaan. Clutch itu, menurut Broke-Smith, berfungsi sebagai selimut yang nyaman, dan memberikan kesan lady untuk tangannya.

"Kate perempuan yang cantik, dan seperti Putri Diana, ia memiliki cara yang alami saat berinteraksi dengan orang lain," kata Broke-Smith.

Bahasa tubuh
Dulu Kate terlihat sangat spontan. Gayanya yang percaya diri pun terlihat natural. Namun, menurut pengamatan pakar body language Judi James, kini gerak-gerik tubuhnya terkesan lebih elegan. "Ia tampak lebih dikoreografi. Kepalanya terlihat jauh lebih tinggi, dan pundaknya turun, yang artinya ia diminta untuk berdiri lebih tegak," katanya.

Seperti Diana, Kate juga memiliki senyum yang menonjol, dengan sedikit mundur dan menaruh tangannya di dada. Ini merupakan gerakan tubuh untuk menyenangkan lawan bicara. "Ia juga cukup terlatih untuk mendengarkan secara intens. Ia berusaha melakukan kontak mata dengan lawan bicara, dan membuat mereka merasa seperti orang paling penting di dunia," urai Judi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com